Griya Wiramuda: Sebuah Keriuhan Baru

JRU kini memiliki satu lagi tempat berkumpul. Tempat berkumpul ini difasilitasi oleh BP Dikjur (d/h. BLPT). Berlokasi di lantai 2 Griya Wiramuda, Jl. Brotojoyo Raya No 1 Pondok Indraprasta, Semarang.

Bagi sebagian orang, nama BP Dikjur masih dirasakan sangat asing. Namun, bila kita diingatkan dengan BLPT mungkin tidak akan terlampau asing. BLPT saat ini sudah berganti nama menjadi BP Dikjur, akronim untuk Balai Pengembangan dan Pendidikan Kejuruan. Perubahan ini dimaksudkan sebagai langkah maju BLPT untuk tidak hanya sekadar memberikan pendidikan kejuruan di seputar teknik tetapi juga di ranah pendidikan vokasional lainnya.

Ketika dengan nama BLPT, JRU membuktikan komitmennya dengan sukses menggelar dua perhelatan yaitu Kampoeng Wedangan di Desember 2007 dan BLPT Techno Expo pada Mei 2008 lalu. Dengan bendera BP Dikjur, JRU tengah merintis sebuah kerja berjangka panjang dengan label Pendidikan Wiramuda. Untuk kepentingan Pendidikan Wiramuda, JRU difasilitasi sebuah ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai sekretariat sekaligus ruang diskusi. Ruang ini nantinya juga bersebelahan dengan salah satu unit pendampingan usaha terbaru JRU yaitu Visual College. Visual College ini merupakan lembaga pendidikan desain komunikasi visual yang nantinya akan mendukung Pendidikan Wiramuda dengan menjadi laboratorium komputer dan desain grafis bagi para Wiramuda.

 Sekretariat Griya Wiramuda sendiri sebenarnya sudah aktif sejak 1 November yang lalu. Penerimaan berkas lamaran, pertemuan koordinasi, dan segala jenis kegiatan kesekretariatan sudah dilakukan di ruangan yang berada di Lantai 2 pada bangunan yang berdiri sederet dengan Asrama BP Dikjur. Keriuhan khas JRU mulai tercipta. Berhubung masih dalam taraf pembenahan, relawan yang berkantor di Griya Wiramuda juga masih sangat terbatas.

Hari-hari ini, jika Anda datang menyambangi Griya Wiramuda mungkin akan menemui relawan dhimas eLKa, Doni eLKa, Widhiandoko, Sugimin, atau Arif Lumbung Media. Sesekali, relawan Heruningsih, Erna Hermiyanti, dan iLik sAs menyambangi ruangan ini. Ke depan, Griya Wiramuda ini diproyeksikan menjadi ruangan reriungan baru bagi JRU. Ini dikaitkan dengan keberadaan relawan-relawan JRU yang nantinya secara otomatis menjadi Pamong di Pendidikan Wiramuda.

Selain bisa melihat secara langsung aktivitas pembenihan bibit wirausaha muda, di Griya Wiramuda juga terdapat berbagai pilihan program pelatihan singkat di ranah desain komunikasi visual. Pelatihan tersebut diwadahi dalam nama Visual College. Visual College yang baru saja berdiri ini didukung penuh oleh profesional desain dan infrastruktur bisnis kreatif yang dimiliki JRU. Selain dukungan profesional tersebut, Visual College juga merupakan satu-satunya lembaga pelatihan yang menjanjikan “Pelatihan Sampai Bisa!” dengan bonus konsultasi gratis setiap harinya. Tertarik untuk melihat aktivitas di Griya Wiramuda, silahkan ke Kompleks BP Dikjur Jawa Tengah, Jalan Brotojoyo Raya Nomor 1 Pondok Indraprasta atau menghubungi (024) 70109911.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.