Sharing Sore Bareng Mas Dina Prasetyawan


Kamis sore (28/03) Rumah Sasongko kedatangan tamu seorang graphic designer  yang merupakan founder sekaligus owner @Adonai Cloth yaitu Mas Dina Prasetyawan. Mas Dina selama ini dikenal sebagai Tshirt Illustrator. Hampir 5 tahun bergelut sebagai graphic designer dan memilih jalan hidup untuk bekerja freelance, Mas Dina membagikan pengalaman apa saja yang sudah dilaluinya hingga membuatnya seperti sekarang. 





Dikenal sebagai Tshirt Illustrator rupanya Mas Dina ini memiliki background pendidikan yang sangat berbeda dengan apa yang dilakukannya sekarang. Mas Dina merupakan salah satu alumni Udinus dengan jurusan Teknik Informatika. 


Sejak kecil Mas Dina memiliki cita-cita menjadi pelukis. “Sebuah cita-cita yang tidak populer,” begitu tutur Mas Dina. Karena pada saat itu banyak anak-anak seusianya yang bercita-cita menjadi PNS. 


Sebelum memutuskan bekerja secara freelance beberapa pekerjaan pernah dijalani Mas Dina, mulai dari bekerja di toko, teknisi listrik, asisten kuli sampai akhirnya menjadi seorang graphic designer  di PT Arindo Garmentama. 


Mas Dina mengaku jika selama ini belajar desain secara mandiri yaitu dari buku-buku yang dipelajarinya. “Beruntunglah anak-anak zaman sekarang yang memiliki kemudahan, ada youtube, google yang membuat semuanya semakin mudah,” tutur Mas Dina.




Beragam kontes pernah diikuti Mas Dina. Sebelum akhirnya panen dolar karena berhasil menjadi juara dalam kontes yang diikutinya, Mas Dina nyaris menyerah karena lebih dari empat puluhan desainnya belum juga lolos. Sempat terbesit kalimat jika mungkin ini bukan rejekinya. Tapi Mas Dina tak patah arang, dari sanalah kemudian Mas Dina berhasil mencari celah dengan mengeksekusi ide yang selama ini tidak terpikirkan orang lain.


Sesi sharing yang berlangsung hampir satu jam ini semakin seru ketika Mas Dina melontarkan sebuah kuis, yaitu menebak salah satu desain yang pernah diikutkannya dalam kontes.  Di mana kontes ini diundi secara acak di akhir acara dan salah satu orang akan  beruntung mendapatkan satu buah kaos @Adonai Cloth.




Dari sharing singkat bareng  Mas Dina kita bisa belajar banyak hal salah satunya adalah untuk selalu bersyukur. Salah satu cara untuk bersyukur atas apa yang kita dapat yaitu dengan bekerja sebaik mungkin apapun dan bagaimanapun cara kita bekerja. Selain itu Mas Dina juga berpesan agar kita bisa bekerja secara cerdas, artinya kita harus bisa menyeimbangkan kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk keluarga. Semua harus balance, begitu tutur Mas Dina.




Sebagai closing seperti biasa belum lengkap jika Mas iLik sAs sebagai founder JRU belum memberikan statement untuk menguatkan. Mas iLik mengingatkan sekaligus berpesan pada semuanya saja yang berada di forum tanpa terkecuali, jika saat ini kita masih berstatus sebagai karyawan buatlah karya sebanyak-banyaknya, sedangkan bagi yang sudah merintis sebuah usaha bangunlah sistem sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.