JRU KLASTER SENI VISUAL
Mulai Direspon Oleh Pasar

“Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata…” itulah yang pernah dituliskan oleh mendiang WS Rendra dalam sebuah sajaknya. Agaknya selarik kata itulah yang kini semakin dihayati oleh para pegiat seni visual yang berada dalam pendampingan JRU Klaster Seni Visual. Perjalanan mereka yang diiringi dengan jejaring pemasaran yang terus dikembangkan oleh seluruh komponen JRU mulai menunjukkan hasil: lukisan karya JRU Klaster Seni Visual dipercaya menjadi benda dekorasi beberapa perkantoran.

Hakikat tertinggi dalam sebuah kesenimanan adalah ketika benda seni tersebut dinilai dengan sejumlah nilai nominal oleh orang lain atau dengan kata lain karya seni tersebut dibeli dengan harga yang pantas. Ucapan ini terlontar dari pelukis kenamaan dari Semarang, Agus Sudarto beberapa waktu lalu. Dan memang itulah indikator paling ampuh dalam sebuah proses kesenimanan. Sebagai sebuah klaster pendampingan, sejak awal JRU Klaster Seni Visual tidak hanya berfokus pada unsur produksi semata tetapi juga membangun sebuah jejaring agar produk-produk seni tersebut bisa menjadi sebuah komoditas yang mendapatkan nilai tukar yang baik di pasar.

Kongruen dengan upaya bertumbuh yang dilakukan oleh para perupa yang tergabung di dalamnya, jejaring pemasaran lukisan karya pelukis-pelukis JRU Klaster Seni Visual kini mulai mendapat tempat di pasar pecinta seni lukis. Saat ini JRU Klaster Seni Visual telah menjalin sebuah kerjasama pengelolaan galeri bersama dengan Alactraz Resto & Art Site yang telah diawali dengan pameran tunggal Auly Kastari beberapa waktu lalu. Melalui kerjasama eksklusif tersebut, di bulan-bulan mendatang, napas seni lukis di Semarang akan diembuskan oleh JRU Klaster Seni Visual lewat pameran-pameran lukisan karya pelukis dampingan ataupun kelompok yang menjadi afiliasi JRU Klaster Seni Visual. Selain kerjasama eksklusif tersebut, JRU Klaster Seni Visual juga telah mendapat kepercayaan untuk memajang hasil karyanya di beberapa private banking services seperti Mandiri Prioritas di Bank Mandiri Semarang Pemuda dan CIMB Niaga Preferred Circle di Bank CIMB Niaga Semarang Sultan Agung.

Lewat pemajangan tersebut, banyak sekali jejaring-jejaring baru yang tercipta. Salah satunya adalah kepercayaan dari Bank Mandiri untuk mengisi dekorasi ruangan di beberapa cabangnya di Jawa Tengah. Realisasi dari kerjasama ini direncanakan akan dimulai pada bulan depan usai libur Idul Fitri. Kepercayaan lain juga datang dari sebuah kelompok usaha di bidang keuangan yang berkantor pusat di Kebayoran, Jakarta Selatan. Implementasi rencana akan menunggu pertemuan tindak-lanjut antara tim Semarang Art Sites Management (lini manajemen JRU Klaster Seni Visual) dengan petinggi dari kelompok usaha tersebut. Beberapa pengusaha juga memiliki minat besar untuk bekerjasama mendekorasi ruangan perkantoran mereka dengan lukisan karya JRU Klaster Seni Visual.

Perkembangan terbaru ini tentu saja adalah sesuatu yang menggembirakan. Ini adalah bukti jika pendampingan yang dilakukan mulai menunjukkan sebuah perkembangan positif : lukisan mulai direspon oleh pasar. Di sisi yang lain, kepercayaan ini adalah sebuah ujian besar bagi seluruh JRU Klaster Seni Visual untuk bisa menghasilkan sebuah karya seni visual yang tidak hanya memiliki sebuah nilai seni tinggi tetapi juga mampu berbicara di pasar nyata. Maju terus JRU Klaster Seni Visual! Maju terus dunia seni visual Indonesia!

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.