Teori Evolusi Darwin


Charles Robert Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi karena teori yang pertama kali dipublikasikannya dalam buku “On the Origin of Species" yang terbit tahun 1859. Dalam teorinya Darwin menyebutkan jika evolusi makhluk hidup disebabkan karena adanya seleksi alam. Teori seleksi alam sendiri memiliki konsep jika spesies yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan punah.

 

Belajar dari teori Evolusi Darwin tentang seleksi alam, ada satu poin penting yang bisa kita adopsi terlebih di era digital yang begitu mendominasi ini. Adaptasi, seperti teori Darwin yang menyebutkan jika species yang mampu beradaptasilah yang akan terus bertahan, demikian halnya seleksi alam ini terjadi di era digital seperti sekarang. Kita sadar hari ini kita hidup di era teknologi dengan segala percepatan. Kehadiran bisnis baru mendisrupsi bisnis konvensional yang lebih dulu ada. Sudah ada banyak contoh di sekeliling kita, sebut saja kemunculan ojek online dan sejumlah situs belanja online. Hal ini tentu membuat resah para pengusaha yang masih bergelut pada bisnis konvensional. Jika sudah begini solusinya hanya satu, adaptasi.

Ada kalimat bijak mengatakan “bukan mereka yang terkuat yang mampu terus bertahan, melainkan mereka yang mampu beradaptasi”. Begitulah faktanya, mustahil tanpa beradaptasi terhadap apa yang sedang disukai pasar sebuah bisnis bisa terus bertahan. Bahkan perusahaan sekelas Yahoo bisa tumbang karena gagal beradaptasi pada era digital ini. Begitulah evolusi bekerja, perlahan-lahan bahkan tidak terlihat tapi pasti. Dengan demikian hanya ada dua pilihan, berubah atau punah?

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.