PROLOG 2010 Jaringan RumahUSAHA
Episode Baru untuk Berprestasi & Berbuat Baik

Fajar 2010 baru saja menyingsing. Seperti laiknya hari baru yang selalu dinantikan saban harinya, fajar pertama di tahun yang baru ini selalu menyisakan cerita indah untuk dirangkai. Sebagai sebuah bagian dari entitas hidup, inilah sebuah keniscayaan yang harus dihayati dan dihidupi. Membangun semangat untuk menyongsong hari baru.

Tahun 2009 bagi Jaringan RumahUSAHA adalah sebuah tahun yang penuh dengan catatan. Di tahun yang kemarin tersebut, Jaringan RumahUSAHA, bersama dengan BP Dikjur, Kadin Jateng, dan Kantor Bank Indonesia Semarang,  memulai langkah baru dengan melakukan proses kaderisasi melalui enkulturasi karakter dan keterampilan bisnis praktis yang dipayungi bersama melalui kegiatan Pendidikan Wiramuda. Melalui kegiatan ini, sebelas generasi muda tangguh telah melalui tahapan pertama dalam proses kependidikan mereka melalui pengalaman belajar dan magang yang sekarang tengah mereka jalani. Setahun sudah mereka berkumpul dan bergabung bersama, seluruhnya kini menapaki langkah baru. Ada yang mulai merintis usaha nugget, bergelut dengan telur asin, mengelola usaha, hingga berakrab dengan tinta di mesin percetakan. Semuanya adalah tahapan yang harus dilalui untuk menjadi seorang wirausaha yang tangguh dan unggulan.

Menutup 2009 yang lalu, banyak saudara baru yang lahir sebagai unit pendampingan usaha baru di lingkungan JRU. Pada 2009 yang lalu, bergabung ke dalam keluarga besar JRU yaitu Delta Media Grafika, John Foil, dan yang terakhir adalah Hoki Offset. Semuanya berada di dalam klaster grafika yang selama ini sudah menjadi kompetensi inti JRU. Perluasan jejaring ke klaster visual juga dieksplorasi bersama melalui kegiatan pendampingan manajerial, produksi sarana, dan inisiasi sanggar. Eksplorasi ini akan terus dilanjutkan melalui inovasi kreativitas dan produk. Jika di 2009 JRU banyak bereksplorasi, di tahun inilah proses konsolidasi berjalan dan menghasilkan sebuah landasan fundamental pertumbuhan usaha berkelanjutan.

Secara umum, 2010 adalah masa konsolidasi ketika hampir seluruh sendi sosial masyarakat kita sudah mulai tertata kembali usai riuh dengan proses politik pasca-Pemilu dan kalangan bisnis mulai meruahkan optimisme. Inilah saatnya untuk membangun kembali kekuatan dan menegaskan posisi di tengah konstelasi yang berkembang. Keberadaan zona perdagangan bebas di antara 10 negara ASEAN dan China termasuk di dalamnya akan menjadi pelajaran besar yang harus dinikmati bersama. Melalui serangkaian inovasi baik di proses produksi ataupun produknya sendiri, keberadaan perdagangan bebas justru menjadi sebuah peluang baik untuk berkompetisi melalui nilai dan kualitas. Produk dan proses produksi menjadi semakin inovatif dan efisien karena kompetisi sudah terbuka lebar dan pasar berhak memilih mana yang paling baik mengantarkan nilai mereka.

Perkembangan semacam itu kemudian direspon oleh Jaringan RumahUSAHA melalui serangkaian aksi bisnis, termasuk di antaranya konsolidasi unit pendampingan inti yang selama ini menjadi motor gerakan kewirausahaan. Perluasan cakupan layanan dan distribusi menjadi pekerjaan penting untuk membuat pertumbuhan berkelanjutan bukan sekadar wacana. Tak ada yang sederhana memang, karena zaman semakin menuntut kompleksitas di proses yang berujung sederhana di eksekusi. Semangat kreativitas dan ketekunan menjadi modal utama untuk melalui hari-hari di 2010 ini.

Selamat tahun baru, semoga kepompong di 2009 itu akan menjadi kupu-kupu indah di 2010 ini… 
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.