Tentang Sebuah Pilihan

Ada banyak pilihan yang tersedia dalam perjalanan hidup kita. Semuanya bebas untuk kita pilih, tanpa harus takut kepada orang lain. Terkadang pilihan yang kita pilih membuat orang lain mendukung atau bahkan sebalik, menentang pilihan kita. Lebih banyak yang patah arang ketika pilihan kita, tidak didukung orang lain, dan memilih menuruti pilihan orang lain yang lebih mayoritas daripada pilihan diri kita sendiri hanya karena semata-mata tidak ada yang mendukung.

Respon terbaik adalah jalan terbaik untuk menjawab semua itu, ketika pilihan kita tidak ada yang mendukung, belajar untuk menguatkan diri untuk focus dan yakin bahwa pilihan kita yang terbaik, kita tidak harus serta merta menerima pendapat orang lain yang melemahkan kita, siapapun itu. Dengarkan pendapat mereka, bahkan pendapat yang buruk sekalipun, dengarkan saja, namun kita tidak harus melakukan apa yang mereka mau. Mungkin, pendapat orang lain ada benarnya tentang pilihan kita, disitulah kita harus bijak meresponi setiap pendapat yang masuk.

Saat kita memutuskan memilih sesuatu, terkadang ada sesuatu yang harus dikorbankan, bahkan bisa jadi pengorbanannya sangat besar dan belum tentu pilihan kita itu benar. TAPI, bisa jadi, apa yang kita pilih adalah sebuah gerbang menuju kehidupan baru yang lebih baik dan sangat jauh lebih baik. Siap tidak siap, kita harus bersiap menerima resiko tersebut, resiko untuk gagal atau resiko untuk berhasil.

Kuncinya satu, FOKUS untuk maju. Jangan melebaykan ketakutan-ketakutan yang ada dalam diri kita. Sekalipun pada akhirnya belum berhasil, paling tidak kita mendapatkan pengalaman berharga dan pelajaran penting.


Amanda Yudi Purwoko
Relawan Jaringan RumahUSAHA
http://sikumistory.wordpress.com/
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.