JRU Sambangi Komunitas Roti Fresh

Perkembangan Semarang sebagai sebuah kota kosmolitan tidak bisa dipisahkan dari komunitas-komunitas yang berinteraksi di dalamnya. Salah satunya adalah Komunitas Roti Fresh. Komunitas yang digawangi oleh anak-anak muda berbakat ini rutin menggelar ajang tukar ilmu dan pengetahuan. Salah satunya adalah kegiatan yang diselenggarakan di kampus Universitas Stikubank kemarin. JRU turut menjadi bagian di dalamnya.

Semarang kota yang kering akan komunitas? Tampaknya hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Kini, kota ini telah memiliki beragam komunitas untuk berinteraksi dengan sesama. Salah satu di antaranya adalah Komunitas Roti Fresh yang merupakan kependekan dari Return of Tuker Ilmu Freedom of Sharing. Komunitas yang digawangi oleh anak-anak muda berbakat yang pehobi nge-blog ini semakin eksis memberi warna di dunia komunitas melalui kegiatan Roti Fresh Road to Campus. Kegiatan perdana di kampus tersebut berlangsung Jumat (13/8) kemarin di Universitas Stikubank Kampus Tri Lomba Juang.

Kegiatan yang bertajuk “Bisnis Berbasis Komunitas” tersebut menghadirkan kerabat dari JRU dan pendiri dari Gantibaju.com, Anang Pradipta. JRU yang digawangi oleh Lina Wiramuda, Taufan Wiramuda, dan salah satu kerabat muda Prayoga Danuwirahadi menyambangi komunitas yang menyatukan beberapa komunitas seperti Komunitas Blogger Semarangan dotS, AIESEC, mahasiswa Unissula, Undip, Komunitas Internet Club Stikubank, dan Komunitas Blogger Loenpia.net. Pada kesempatan tersebut, Lina Wiramuda menyampaikan sepak-terjangnya yang selama 2 tahun belakangan ini berkumpul di komunitas pendampingan kewirausahaan JRU.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis berbasis komunitas. Bisnis berbasis komunitas adalah bisnis tren masa depan karena di dalamnya ada kesempatan untuk saling mengompilasi daya ungkit yang lazim dilakukan. Kata kunci di dalamnya yang menjadi rahasia sukses bisnis seperti ini adalah adanya pembagian struktur kerja yang jelas, kesamaan visi, dan kesadaran untuk tidak saling beregois. “Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa JRU tumbuh sebagai komunitas yang semakin membesar dari waktu ke waktu,” tuturnya.

Narasumber lainnya adalah Anang Pradipta, salah satu pendiri situs Gantibaju.com bersama Aria Rajasa Masna yang sukses melambungkan situs ini menjadi bisnis bernilai miliaran rupiah. Menurut Anang, keberhasilan situs ini tidak lepas dari keberadaan komunitas yang menjadi anggota dari situs ini. Melalui Gantibaju.com, Anang memberikan kesempatan kepada anak muda di Indonesia yang berbakat untuk mengompetisikan desain baju karyanya sendiri. Mereka kemudian akan ditentukan lewat jajak pendapat elektronik yang pemenangnya akan diguyur hadiah jutaan rupiah plus royalti dari setiap kaos desainnya yang terjual.

Didut dari Komunitas Roti Fresh yang menjadi moderator memberikan penekanan jika berbisnis hari ini tidak akan pernah bisa dilepaskan dari komunitas. Anang kemudian melanjutkan cerita bisnis Gantibaju.com yang bisa bernilai miliaran rupiah ketika berhadapan dengan raksasa kanal informasi Detik.com yang memberikan tawaran kemanfaatan kepada raksasa tersebut akses ke ribuan anggotanya. “Inilah yang kemudian membuat kami bisa mendapat Rp 1 miliar ketika bekerjasama dengan detik.com lewat program Aku Cinta Indonesia-nya,” sambungnya.

Komunitas Roti Fresh ini rencananya akan kembali menyambangi komunitasnya lewat kegiatan “road to campus” lainnya. Semoga kegiatan ini makin memberi keberkahan lewat berbagi ilmu dan pengetahuan di dalamnya.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.