Tentang Manajemen Waktu


Ketika ditanya apakah yang paling berharga dari seorang entrepreneur? Saya yakin semua sepakat untuk menjawab, waktu. Sebagai pelaku utama dalam bisnis, kita memiliki kendali untuk mengatur perencanaan, strategi, serta bertanggung jawab penuh atas waktu yang kita miliki. Sayang di sini masih banyak yang menganggap sepele perihal waktu. Padahal kalo kita cermati, manajemen waktu ini amatlah penting bukan hanya bagi keberlangsungan bisnisnya tapi juga untuk kebahagiaan si empunya bisnis itu sendiri.




Jika kita pelajari pola hidup orang yang sukses, bisnis itu bukan sekedar memfokuskan seluruh waktu serta energi yang dimiliki untuk mengelola usaha, melainkan bagaimana kita bisa mengelola waktu supaya semua bisa seimbang. Terlalu ‘ngoyo’ itu tidak baik, tapi bukan berarti ‘slow kendo’ itu pilihan yang tepat. Semua menjadi ideal ketika sesuai dengan porsinya, bukankah lebih baik menghabiskan sedikit waktu namun produktif ketimbang menghabiskan waktu berjam-jam untuk ‘bekerja’ namun tak menghasilkan apa-apa.


Untuk menerapkan manajemen waktu ini tidaklah mudah meski kelihatan sepele. Karena kuncinya terletak pada komitmen kita untuk disiplin terhadap waktu yang sudah kita sepakati. Tidak berhenti sebatas komitmen tapi juga berupaya untuk tetap konsisten. Jadi jangan sampai hangat-hangat tai ayam. Untuk memulai awalilah dengan disiplin waktu yaitu mematuhi jadwal yang sudah dibuat sendiri. Mengapa begitu, bukankah seorang entrepreneur bebas menentukan waktunya sendiri, kapan harus bekerja dan kapan untuk berhenti. 


Ya, memang benar. Kita memiliki kendali atas diri kita sebagai bos sekaligus karyawan untuk usaha kita sendiri. Tapi sebelum mencapai kata sukses, berlatihlah untuk disiplin terhadap waktu supaya kita benar-benar bisa mengoptimalkan waktu yang ada sehingga apa yang kita targetkan bisa segera tercapai.


Setelah kita memahami bagaimana cara mengoptimalkan waktu dengan baik barulah tahap selanjutnya mulai menerapkan disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah, menyelesaikan apa yang sudah dikerjakan tanpa embel-embel ‘nanti dulu’, atau ‘besok’ atau ‘masih banyak waktu’. Lakukanlah sekarang!


Manajemen waktu adalah salah satu kunci penting yang diterapkan orang-orang sukses. Time is money, so do the best and never give up.

Semarang, 25 September 2018
Redaksi RumahUsaha.Net
 
 

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.