RAPAT KERJA JRU DESEMBER 2010:
Wadah Belajar dan Bertumbuh Bersama

Satu lagi wadah belajar dan bertumbuh bagi saya dan para relawan muda lainnya, rapat kerja Jaringan RumahUSAHA. Ya, pada hari Rabu (15/12) yang lalu, Jaringan RumahUSAHA mengadakan Rapat Kerja di Ruang Merbabu, Hotel Novotel Semarang.

Acara yang merupakan agenda silaturrahmi setiap semester ini sebelumnya diadakan pada bulan Juli 2010 bertempat di Hotel Pandanaran. Kali ini, rapat kerja dihadiri oleh hampir 30 orang koordinator usaha. Tak hanya “wajah-wajah” lama yang memenuhi ruangan tersebut sekaligus berbagi pengalaman dalam menjalankan roda usahanya. Personal-personal baru seperti Rustamaji, Nofa Dewi, dan Prayoga Danuwirahadi nampak hadir pula untuk sharing dan belajar bersama. Di sinilah pula saya ikut menyerap ilmu tentang bisnis. 30 orang, 30 karakter, 30 ilmu baru yang saya serap.

Seperti Pak Rustamaji dengan bisnis barunya “Koperasi Rustama”. Bapak yang baru saja keluar dari pekerjaannya dan memilih berwirausaha ini menularkan semangat barunya kepada saya dan para peserta lain. “Saya memulai usaha saja di umur yang tak muda lagi seperti sekarang. Apalagi para relawan muda ini yang pasti punya semangat lebih dibandingkan saya, saya yakin mereka bisa menjadi pemimpin-pemimpin muda yang kelak merevitalisasi gerakan JRU dan merancang masa depan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Lain lagi dengan Agung Kurniawan, koordinator yang juga Ketua Pokja Pengembangan JRU. Pria berambut tipis ini membagikan ilmunya yang berjudul “Ilmu Kacang”. Menurutnya, kita semua tidak boleh melupakan sejarah yang pernah terjadi di masa lalu. “Kita yang sekarang adalah berkat kita yang dahulu bekerja keras, berusaha, dan bertumbuh bersama. Oleh karena itu, untuk ke depannya kita juga harus lebih giat lagi bertumbuh dan berusaha bersama,” ujar Bapak satu anak ini.

Tak hanya membicarakan tentang hal-hal teknis, acara ini juga dibumbui dengan hal-hal berbau emosional dan spititual. Bahkan hampir semua peserta rapat sempat meneteskan air matanya. “Ada rasa sedih, bahagia, dan bangga yang tercampur aduk menjadi satu. Betul-betul acara yang sangat luar biasa, seluar biasa semangat kita untuk maju bersama,” ungkap Karina Dewi, salah satu koordinator JRU yang mempunyai usaha di bidang design grafis berlabel UNIK.

Lebih lanjut lagi, pada forum rapat kerja ini JRU bertekad membuat suatu gerakan baru sebagai bentuk optimalisasi pertumbuhan berformat “Berpikir Positif dan Progressif”. Hal ini bertujuan untuk menyambut perubahan dunia usaha yang pasti datang lebih cepat dan lebih spektakuler lagi. Tak lepas dari jargonnya “Berprestasi dan Berbuat Baik”, inilah semangat baru JRU: semangat berpikir positif dan semangat progresif!


Serena Marga
Wiramuda, Relawan JRU
twitter: @saoriserena
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.