PENUTUPAN WORKSHOP UMKM OLEH KADIN DAN PWC
Ini Bukanlah Akhir

Selasa (21/12), Kadin Jateng bersama PriceWaterhouseCoopers (PWC) mengadakan penutupan workshop bimbingan pengelolaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Acara ini bertempat di Gedung Bank Jateng Lantai 7, Jalan Pemuda Semarang.

Workshop yang merupakan kerja sama antara Kadin Jateng dan PWC ini sebenarnya telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun dengan jumlah peserta 30 pelaku usaha UMKM di Jawa Tengah. Gagasannya berawal dari pengalaman yang menemukan banyak UMKM kurang mendapatkan perhatian atau pendampingan sehingga berujung pada trial dan error.

Kerja sama ini meliputi pelatihan mengenai penerapan akuntansi dalam pengelolaan keuangan UMKM. Selain memberikan pelatihan mengenai penerapan sistem akuntansi yang terintegrasi, workshop ini juga diharapkan dapat memberikan peningkatan kontrol terhadap data keuangan perusahaan dan perbaikan tingkat keandalan informasi akuntansi. Untuk selanjutnya, membantu mereka memudahkan pinjaman kredit perbankan karena adanya sistem akuntansi yang baik.

Sambutan penutupan disampaikan oleh Sandiaga S. Uno, tokoh muda pengusaha Indonesia. Pada kesempatan kali ini ia menyampaikan harapannya agar dari pelatihan ini para pengusaha UMKM dapat memiliki referensi yang lebih jelas dalam menganalisa situasi keuangan perusahaan dan menentukan strategi pengembangan bisnis ke depan.

“Pada saat saya berbisnis dulu, belum ada kesempatan workshop seperti ini. Jadi harapan saya, pelaku usaha bisa jauh lebih sukses membangun bisnisnya. Bagaimana kita berpikir yang kecil menjadi menengah, lalu menengah menjadi besar dan terus berkembang,” tutur Sandiaga.

Kemudian dilanjutkan dengan penutupan oleh Solichedi, Ketua Kadin Jateng. Ia mengatakan bahwa kesempatan yang langka seperti ini seharusnya dapat berlanjut dan tidak berhenti sampai di sini saja. “Tahap awal memang sudah selesai, tetapi kami berharap masih punya kesempatan untuk membuat program lainnya bersama PWC untuk mendorong daya saing UMKM Jateng agar menjadi lebih baik,” jelasnya.

Acara penutupan workshop tersebut diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada para peserta yang dianggap telah melakukan progress dalam pengelolaan usahanya. Ada pun pemberian sertifikat kepada semua peserta. Di penghujung acara, seluruh peserta juga berkesempatan mengabadikan momen ini dengan foto bersama.


Serena Marga
Wiramuda, Relawan JRU
twitter: @saoriserena
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.