FORUM WEDANGAN KEMBALI DIGELAR:
Bisnis Inovatif dari Keluarga Kreatip!

Membangun bisnis inovatif adalah keharusan. Inilah tema yang coba diangkat dalam Forum Wedangan kali ini, yaitu "Bisnis Inovatif dari Keluarga Kreatip!" Forum yang sudah menjadi ikon JRU ini kali ini diadakan di Rumah Makan Padang Nusantara. Reriungan menghadirkan Septi Peni Wulandani, pegiat kewirausahaan sosial Komunitas Bunda Profesional dan Wakil Ketua Umum AKSI serta Prie Gs, budayawan dan motivator yang juga penulis buku motivasi best-seller.

Reriungan ini mengambil isu kreativitas sebagai tema sentral karena kreativitas adalah sebuah akar dari perubahan kehidupan yang mengubah peradaban. Kewirausahaan sosial yang berakar pada bisnis sesungguhnya juga membutuhkan kreativitas untuk memperluas kemanfaatan yang sifatnya mandiri, integratif, dan memberdayakan seluruh pemangku kepentingannya. Melalui forum ini, peserta diskusi diajak untuk berpikir reflektif akan hal itu semua dari sudut pandang penciptaan keluarga yang kreatif.

"Keluarga yang kreatif menjadi sumbu utama bagi penciptaan bisnis-bisnis inovatif dan berbagai lompatan gerakan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga," tutur Septi Peni Wulandani sebagai narasumber yang datang bersama suami dan putra-putrinya.

Prie GS sendiri menambahkan bahwa kreativitas memang diperlukan untuk membentuk keluarga serta bisnis yang baik. “Keluarga Bu Septi ini memang sangat unik. Namun justru dari keunikannya itulah, alam semesta mampu membaca apa yang mereka sekeluarga ajarkan. Jadinya ya bisnis jalan, keluarga juga berkah,” ujarnya dengan gaya nyentrik sekaligus kritis.

Beberapa figur publik yang hadir dalam forum malam tersebut antara lain Ikade Winaya (penggagas Festival Ogoh-Ogoh), Andaka Wirawan, R.Y. Kristian Hardhianto (motivator), Yance Chan (Wealth Motivator), Klaus Peter Berkemeyer (Konsultan GIZ), Bambang Nugroho (motivator spiritual), Bernardus Dianadi Prasetyo (founder Roti Fresh Community), Asmarie Dexter (aktivis netizen Komunitas Dotsemarang), dan Ahmad Munif (founder Loenpia.net). Tetamu yang hadir tak kurang dari 80 hadirin yang merupakan figur-figur sentral dari berbagai komunitas UKM.

Semoga reriungan ini menjadi sebuah awal dari vibrasi kewirausahaan sosial yang akan dimotori oleh JRU dan Jarimatika sebagai salah satu eksponen kegiatan AKSI (Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia) di Jawa Tengah. Forum-forum semacam ini adalah upaya JRU untuk terus membangun jaringan kerja bersama untuk saling menumbuhkembangkan antarkomunitas. Kegiatan ini akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan lainnya, yang tentu saja selain rekreatif tetapi juga reflektif.


Serena Marga
Wiramuda, Relawan JRU
twitter: @saoriserena
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.