DARI FORUM WEDANGAN BERSAMA SANDIAGA UNO & MASRIL KOTO
Ketika Masril Koto Berbicara Tentang Bank Petani

Forum Wedangan kembali digelar. Kali ini giliran kerabat Forum Wedangan menyambangi Aula Rumah Dinas Walikota Semarang di kawasan Manyaran, Semarang. Tamunya juga tak main-main. Sandiaga Uno dan Masril Koto. Semuanya menjadi magnet forum yang secara khusus dihadiri juga oleh jurnalis senior Desi Anwar tersebut.

Aula Rumah Dinas Walikota Semarang pada Selasa (28/6) yang lalu mendadak berubah penuh dengan aksen dekorasi khas kerakyatan. Banyak orang dating juga berkumpul di dalamnya. Lesehan menjadi pilihan untuk semakin mencairkan atmosfer formal yang tersiar dari seisi rumah dinas Bapaknya orang Semarang tersebut. Sepatu tetamu dijajar rapi sebagai bagian dari budaya rapi dan tertib. Inilah Forum Wedangan yang kali ini menembus Aula Rumah Dinas Walikota Semarang. Atmosfer hangat, akrab, dan bersahabat tetap diusung di forum yang telah menjadi ikon JRU tersebut.

Tamunya juga spesial. Kali ini Masril Koto dan Sandiaga Uno menjadi pilihan dari JRU untuk berbagi. Sandiaga Uno yang berulang tahun ke 42 di hari tersebut konsisten untuk berbicara tentang dunia kewirausahaan mikro dan sosial yang menjadi perhatian pribadinya beberapa saat belakangan. Telah beberapa kali berinteraksi dengan komunitas JRU dan beberapa kerabatnya, tak henti Sandiaga mengucapkan selamat berkarya dan sukses selalu bagi para pegiat di ranah ekonomi ini. Baginya, ini adalah salah satu momen ulang tahun terindah ketika dirinya dapat berkumpul dengan kalangan mikro untuk memanjatkan doa panjang umur bersama.

Bintang tamu lainnya adalah Masril Koto. Pria sederhana ini asyik menjadi bintang forum karena cerita otentiknya mengenai Bank Petani yang berhasil digerakkannya di Sumatera Barat. Walikota Semarang, Soemarmo HS yang juga menyempatkan hadir menyampaikan kekaguman dan perhatiannya. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Masril Koto adalah sebuah model pemberdayaan yang mampu mewujudkan sebuah kemandirian komunitas. Dari ceritanya, terungkap fakta jika model yang dibuatnya bukan hanya berhasil menangkap potensi masyarakat tetapi juga menggerakkan masyarakat menjadi sebuah entitas yang sadar akan proses keberlanjutan dan integrasi antarbidang. Petani sudah saatnya meminjam uang mereka sendiri, menjual hasil mereka ke jaringan sendiri, dan menikmati hasil atas perputaran uang mereka sendiri.

Kemeriahan khas Forum Wedangan hari itu ditambah dengan kehadiran Desi Anwar, jurnalis senior dari Metro TV yang merasa terkejut ada sebuah forum semacam ini. Dia tidak datang sendiri, ada dua jurnalis lainnya yang sibuk mendokumentasikan forum tersebut. Desi menilai forum seperti Forum Wedangan ini adalah forum yang baik untuk berbagi nilai. Kehadiran Desi yang tidak dalam jadwal sebelumnya ini, tak pelak membuat budayawan Prie Gs yang memberikan kata penutup dalam forum tersebut kaget. Dengan jujur, budayawan kelas nasional ini mengungkapkan jika dirinya adalah pengagum jurnalis perempuan itu. Fragmen bersalaman antara fans dan idola ini kemudian menjadi momen yang mengundang riuh hadirin. Prie Gs dengan gayanya yang jenaka dan jujur bersalaman tanpa beban dan tetap otentik sebagai seorang tokoh forum.

Semoga ini adalah sebuah kehangatan dan kebersamaan yang terus terjalin selanjutnya… Terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta besar pada Forum Wedangan… Salam jumpa kembali di Forum Wedangan selanjutnya.  

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.