FORUM WEDANGAN DI BANK INDONESIA :
“Perempuan Kreatif Perempuan Berprestasi”

Forum Wedangan kembali hadir, Rabu (15/06) di Bank Indonesia Semarang. Jaringan RumahUSAHA mengangkat tema “Perempuan Kreatif Perempuan Berprestasi”. Forum Wedangan kali ini menghadirkan Ratna E. Amiaty (Pemimpin BI Semarang), Anne Avantie (Social Entrepreneur dan Desainer) dan Prie GS, motivator dan budayawan yang hampir tidak pernah absen dalam Forum Wedangan.

Bukan Jaringan RumahUSAHA jika tidak bisa membuat sebuah terobosan fenomenal yang keluar dari tradisi selayaknya. Forum Wedangan kali ini tampil khusus karena diselenggarakan di Ruang Lokapala, Gedung Bank Indonesia Semarang yang megah. Penyelenggaraan yang biasanya dilakukan malam hari pun kali ini diselenggarakan siang menjelang sore, yaitu pada pukul 14.00-16.00 WIB. Forum Wedangan hasil kolaborasi dari Jaringan RumahUSAHA dan Bank Indonesia Semarang ini dihadiri 223 orang yang merupakan figur-figur sentral dari berbagai komunitas UKM.

Pada forum kali ini, tetamu diajak untuk mengkaji kembali peranan penting karakter sosok perempuan yang mampu berprestasi. Berprestasi di dalam maupun di luar rumah tangganya.

Peranan penting ini tersirat pada sosok Ratna E. Amiaty sebagai bankir di BI yang memperhatikan dunia UMKM. Atas kontribusinya itulah beliau sempat menjadi duta Indonesia pada panel internasional seperti APEC dan Apconex hingga menjadi pemimpin BI di Semarang untuk mengayomi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Cerita-cerita inspiratifnya itu disambut pula dengan Anne Avantie yang dikenal sebagai social entrepreneur dan fashion desainer nasional top. “Perempuan berprestasi itu juga dilihat siapa dan bagai¬mana suaminya. Artinya, ia jugalah yang memberi energi melalui pengertiannya,” ujar Anne yang juga pendiri Wisma Kasih Bunda di kawasan Sanggung, Semarang yang peduli terhadap anak penderita Hydrocephallus.

Mengambil benang merah dari itu semua, Prie GS kemudian mengaitkan semua itu dengan integritas. “Orang kalau sudah punya integritas, bisa dipastikan jarang diragukan kebaikannya” tutup budayawan dengan gayanya yang urakan namun tetap inspiratif.


Serena Marga
Wiramuda, Relawan JRU
twitter: @saoriserena
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.