Prof. Rhenald Kasali Berkunjung ke JRU

Pakar manajemen Indonesia yang juga Ketua Umum AKSI Indonesia, Prof. Rhenald Kasali berkunjung ke Jaringan RumahUSAHA. Kunjungan yang dijadwalkan di tengah agenda padat Prof. Rhenald di Semarang ini merupakan kunjungan silaturahmi beliau yang pertama. Kunjungan beberapa jam yang bernas ini menjadi sebuah rezeki bagi kerabat JRU.

Kepercayaan yang diberikan oleh fungsionaris dan pendiri Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI) kepada JRU untuk menggerakkan vibrasi kewirausahaan sosial di Jawa Tengah semakin kuat. Hal ini dibuktikan dengan keinginan kuat seorang Ketua Umum AKSI Indonesia, Prof. Rhenald Kasali, yang menyempatkan diri berkunjung ke JRU di tengah jadwalnya yang padat di Semarang. Selasa (15/11) yang lalu, Prof. Rhenald berkunjung dan berbagi semangat kepada kerabat JRU yang berada di Kalisari, Brotojoyo, dan Warung Wedangan.

  Perjalanan pertama Pak Rhenald dimulai di Kalisari. Tepatnya di Wurly Community, Komunitas Nduwur Kali. Di atas balai pertemuan warga yang berada di atas  kali (sungai) kampung, Pak Rhenald menyaksikan sendiri sebuah pemberdayaan warga kampung yang benar-benar menggerakkan. Di siang itu, ibu-ibu yang sedang asyik mengolah dedaunan kering untuk menjadi aneka produk seperti buku tamu, tempat tisu block-note dsb. Dipandu langsung oleh Founder JRU, iLik sAs dan Sutar Adijoyo Putranto, Rhenald menyimak cerita seputar pemberdayaan yang digagas oleh JRU di Kampung Kalisari Baru tersebut.

  Usai di Wurly Community, Pak Rhenald kemudian bergerak ke calon sekretariat AKSI Jateng di kawasan Pondok Indraprasta. Sekretariat AKSI Jateng yang tengah direnovasi tersebut nantinya selain menjadi sekretariat juga menjadi sebuah pusat pelatihan dan pengembangan kewirausahaan sosial. Berbagai kelas pengembangan kewirausahaan sosial dan diskusi penguatan kapasitas akan mewarnai hari-hari sekretariat. Diperkirakan awal tahun depan fungsi learning center ini bisa dimulai.

  Kunjungan Pak Rhenald selanjutnya ini ditutup dengan mengunjungi Warung Wedangan. Di warung ini, Rhenald berinteraksi dengan relawan JRU di Warung Wedangan, Theresia Sri Hartini, mengenai perjalanannya yang dulu adalah mantan seorang pembantu rumah tangga. Turut hadir di Warung Wedangan, beberapa relawan JRU, antara lain Agung Kurniawan, Arif Yudith, Heruningsih Kusumaningrum, Agung Sulistiarto, Tri Prameswari, dan Shanty Rosalia.

  Menutup kunjungannya, Rhenald Kasali mengutarakan keinginannya untuk bisa membawa model pemberdayaan a la JRU ke Rumah Perubahan miliknya di Bekasi. Dirinya melihat konsep pemberdayaan ini akan menjadi sebuah implementasi riil yang bisa memberdayakan lebih banyak lagi ibu rumah tangga dan generasi muda. Selamat datang Pak Rhenald Kasali! Kami tunggu silaturahmi selanjutnya! Terima kasih kunjungannya, ini memberi energi bagi gerakan riil kami untuk memperdayakan lebih banyak orang...
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.