Kita Sambut Keluarga Baru: LKM Metadana

Gerakan keuangan mikro di JRU terus bertumbuh pesat. Setelah membuka LKM MUA di dua tempat dan satu LKM Rustama, kini JRU menambah satu lini lagi. LKM Metadana. LKM ini beroperasi di kawasan Sampangan dan menangkap peluang pembiayaan mikro di daerah tersebut.

Sampangan adalah salah satu kawasan padat di Semarang yang memiliki potensi lengkap. Selain dikenal sebagai kawasan pemukiman kelas menengah dan mahasiswa, Sampangan juga menyimpan potensi pembiayaan mikro yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dari gerakan LKM (Lembaga Keuangan Mikro) Metadana yang didirikan oleh relawan-relawan JRU di daerah tersebut.

LKM Metadana adalah nama baru di daerah tersebut. Lembaga keuangan mikro yang beralamat di Jalan Mahoni II/103 tersebut baru mulai melayani nasabahnya pada 12 Januari 2012 lalu. LKM ini fokus memberikan pembiayaan kepada perempuan produktif. Besar pembiayaan untuk kali pertama yang digulirkan juga relatif kecil, maksimal Rp 500.000. Tetapi, dari fakta di lapangan, hingga saat ini sudah terkumpul 82 nasabah dengan total plafon pinjaman sebanyak Rp 40.000.000. Angka yang cukup fantastis bagi LKM yang benar-benar ditumbuhkan dari semangat wirausaha mikro.

Menurut Metha Noor Pratista, Koordinator LKM Metadana, hal ini mengindikasikan jika potensi pembiayaan mikro di daerah Sampangan adalah sebuah potensi besar. “Nasabah kami sebagian besar adalah nasabah kumpulan yang telah terbiasa dengan produk pembiayaan mikro berbasis komunitas,” tuturnya. Pengalaman inilah yang menjadikan LKM Metadana menjadi semakin mudah bergerak dengan napas “menabung untuk hari depan”. LKM Metadana memang mewajibkan setiap nasabahnya membangun modal sendiri melalui tabungan wajib yang disertakan dalam setiap pembayaran angsuran.

Gerakan keuangan mikro ini merupakan salah satu implementasi semangat kewirausahaan sosial yang telah dipilih JRU sejak 2011. “Kami ingin menggali potensi lebih dalam lagi mengenai kewirausahaan sosial melalui keuangan mikro ini,” tutur Trie Prameswari, relawan JRU yang menjadi pendamping di ranah kewirausahaan mikro. Selain LKM Metadana, JRU kini telah memiliki 3 buah LKM lainnya. LKM MUA yang berada di Warung Wedangan dan Wiroto serta LKM Rustama yang berkantor di Warung Wedangan pula.

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.