JRU Terima Mahasiswa Peserta Co-Op Unisbank

Sebagai bagian dari implementasi keterpilihan Universitas Stikubank sebagai salah satu universitas yang mendapatkan hibah Co-Op dari Ditjen Dikti Kemendikbud tahun 2012, universitas ini menempatkan 14 mahasiswa terpilih untuk melaksanakan program magang karya wirausaha di unit pendampingan JRU. Mereka bukan sekadar menimba pengalaman di usaha mikro tetapi juga membantu menyelesaikan tantangan di usaha mikro melalui aplikasi teori dan kompetensi yang mereka dapatkan selama di bangku kuliah.

Upaya pemerintah dan kalangan akademisi untuk memfasilitasi para calon cendekiawan bangsa menjadi bagian dari solusi lapangan kerja dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu fokus fasilitasi pemerintah melalui penciptaan wirausaha baru dari kalangan mahasiswa. Isu strategis yang menjadi perhatian adalah bagaimana mengharmoniskan kompetensi mereka di bangku kuliah dengan realitas kewirausahaan di lapangan. Salah satu upaya mereka adalah dengan memperbesar peluang mahasiswa untuk berkontak dengan praktisi UMKM. Kampus juga distimulasi sedemikian rupa melalui berbagai program hibah peningkatan kualitas lulusan. Salah satunya adalah hibah Cooperative-Academic Education (Co-Op) yang mengharuskan kampus membuka diri terhadap UMKM sebagai "kampus kedua" bagi mahasiswa mereka.

Universitas Stikubank pada tahun 2012 ini berkesempatan mendapatkan hibah Co-Op. Bagi universitas ini, implementasi kewirausahaan sudah bukan hal baru. Komitmen sebagai kampus kewirausahaan salah satunya diimplementasikan dengan sinergi strategik bersama Jaringan RumahUSAHA. Begitu juga dengan kegiatan Co-Op yang merupakan kesempatan kedua yang didapatkan oleh universitas ini. Mereka menggandeng JRU sebagai lokasi pemagangan bagi mahasiswa yang terpilih sebagai peserta program magang Co-Op periode ini.

Prosesi penyerahan mahasiswa kepada JRU sebagai lokasi karya magang dilakukan di sela Refreshing dan Pelatihan Public Speaking bagi Mentor Kewirausahaan dan Mahasiswa Berprestasi. Prosesi yang dilangsungkan pada Selasa (25/6) di Auditorium Kampus Mugas tersebut dihadiri oleh rektorat, fasilitator kewirausahaan, dan mahasiswa berprestasi. Mewakili Rektorat, Pembantu Rektor III, Dr. Tristiana Rijanti didampingi Kepala P2BK, Dr. Yeye Susilowati  secara simbolis menyerahkan pendampingan 14 mahasiswa kepada JRU. Dari JRU diwakili oleh Adhimmas Nugroho, Humas JRU dengan didampingi Koordinator Program JRU, Shanty Rosalia.

Selama maksimal 4 bulan ke depan, mereka akan belajar dan berinteraksi dengan para koordinator unit pendampingan usaha dari Cantik Creative Craft, Salma Card, Malik Foil, Puspa Pon, Puspa Offset, Wurly Community, dan Warung Wedangan. "Semoga mereka mendapatkan pengalaman yang komplit dari sisi praktek lapangan sekaligus belajar untuk mempraktikkan apa yang sudah didapat dari kampus," tutur Tristiana dalam sambutan singkatnya.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.