FORUM WEDANGAN DATANG KEMBALI!
Mari Menjalin Persaudaraan Membangun Mental Jawara!

Acara khas milik Jaringan RumahUSAHA! Forum Wedangan yang telah sempat rehat beberapa saat kini kembali menyapa Semarang. Tema yang dipilih kali ini adalah "Menjalin Persaudaraan Membangun Mental Jawara". Forum Wedangan kali ini menjadi spesial karena merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari hajatan besar Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI), Temu Nasional Kewirausahaan Sosial 2012, yang dihelat di Semarang pada 9-10 September 2012.

Persaudaraan adalah sebuah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kekerabatan a la masyarakat Timur. Nilai-nilai kekeluargaan yang kental membuat sebuah hubungan pertalian emosional yang unik dan menjadi sebuah kekuatan untuk melawan egosentrisme. Di berbagai belahan dunia kini kita disuguhkan kenyataan hebatnya sebuah gerakan "the power of we" yang mampu menggerakkan peradaban menjadi lebih baik. Bahkan nilai-nilai kekerabatan dan komunalitas yang unik ini telah juga diadopsi oleh masyarakat Barat yang kita kenal menjadi pusaran utama kemerdekaan pribadi. Mereka mentransformasikannya menjadi sebuah kekuatan komunal untuk menjawab tantangan sosial seperti bagaimana mendatangkan wisatawan ke kota kecil mereka, mengembangkan kemandirian pangan melalui penciptaan ketahanan pangan berbasis pertanian komunal, dan banyak lagi lainnya yang terserak di berbagai pustaka kehidupan kita.

Ironisnya, di Indonesia nilai-nilai komunalitas ini justru bergerak menjauh dari pendulum masa. Kita semakin jamak dengan berbagai tindak kekerasan dan egoisme sektoral yang seakan membuat masyarakat semakin apatis dengan nilai-nilai komunal dan bertindak hanya menjadi pilot bagi golongan mereka sendiri. Inilah sebentuk degradasi sosial yang membuat Indonesia harus dibangun kembali dengan masyarakat yang mencintai nilai-nilai kebersamaan. Bukan hanya nilai kebersamaan yang dibangun, tetapi mentalitas jawara juga dibangun serempak untuk membuat masyarakat menjadi tangguh menghadapi tantangan sosial yang kongruen dengan perkembangan sosial yang terjadi di konstelasi bangsa kita.

Menjawab itu semua, Forum Wedangan kembali menyapa dengan tema "Menjalin Persaudaraan Membangun Mental Jawara" bagi para kerabat di Semarang. Forum yang sudah identik dengan Jaringan RumahUSAHA kali ini dihelat bersama dengan Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI). Pelaksanaannya juga berbarengan dengan kegiatan Temu Nasional Kewirausahaan Sosial yang mengumpulkan 125 wirausaha sosial se-Indonesia.  Forum Wedangan kali ini mengambil tempat di Astoria Ballroon Hotel Dafam Semarang, Jalan Imam Bonjol 188 Semarang pada Minggu, 9 September 2012 pukul 14.00-18.30. Kerabat yang hadir dipersilakan untuk menikmati rehat kopi sore dan jamuan makan malam bersama dengan para wirausaha sosial se-Indonesia yang hadir di Forum Wedangan kali ini.

Hadir sebagai tamu pada forum ini adalah Bambang Ismawan dan Sandiaga Uno yang akan memberikan pandangan di sisi kepemimpinan. Prie GS, budayawan yang menjadi ikon Forum Wedangan dijadwalkan akan tampil dengan performa khusus untuk kerabat Forum Wedangan yang hadir nanti. Tertarik menghadiri? Jangan khawatir, acara menarik ini GRATIS untuk semua kerabat asalkan melakukan konfirmasi kehadiran kepada kerabat karya Forum Wedangan di twitter @For_Wed dan @JarRumahUSAHA atau dengan mengirimkan konfirmasi kehadiran di info@rumahusaha.com. Mari kita gelar bersama tikar, rapatkan barisan, dan bercengkerama bersama dalam sebuah kebermanfaatan yang rekreatif.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.