TEMU NASIONAL KEWIRAUSAHAAN SOSIAL 2012
Kewirausahaan Sosial sebagai Jalan Perubahan

TEMNAS 2012
Moderator Bayu Khrisna, Kukrit Suryo Wicaksono(Ketua Kadin Jawa Tengah),Rhenald Kasali(Ketua AKSI dan Pendiri Rumah Perubahan),Bambang Ismawan(Pendiri Yayasan Bina Swadaya),Mira Kusumarini(Ashoka Indonesia)
Minggu, 9 September 2012 yang lalu Jaringan RumahUSAHA dan AKSI Jawa Tengah mendapat kehormatan untuk menggelar kegiatan Temu Nasional Kewirausahaan Sosial 2012. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertemuan para praktisi kewirausahaan sosial se-Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan vibrasi terutama dalam bidang kewirausahaan sosial, sekaligus sebagai media silaturahmi berkelanjutan.

Kegiatan Temu Nasional yang bertemakan “Kewirausahaan Sosial & Kemitraan Lintas Sektoral sebagai Jalan Perubahan” kali ini diselenggarakan di Astoria Ballroom Hotel Dafam Semarang, Jalan Imam Bonjol 188 Semarang. Pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang praktisi kewirausahaan sosial ini merupakan salah satu hajatan terbesar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI).

TEMNAS 2012
Moderator Septi Peni W (Founder Jarimatika & Ibu Profesional), Bahruddin (Qaryah Thayyibah Indonesia),Farha Ciciek (Komunitas Tanoker Ledokombo),Gus Hafidh (SPMAA Lamongan),Cahyo Suryanto(Pusdakota Surabaya)

Hampir seluruh pendiri dan deklarator organisasi ini menghadiri kegiatan ini. Para pendiri dan deklarator tersebut di antaranya adalah Bambang Ismawan, Rhenald Kasali, Sandiaga Uno, Septi Peni Wulandani, Mira Kusumarini, Indro Surono, dan Wahyu Indrijo. Beberapa nama besar lain di dunia kewirausahaan sosial seperti Masril Koto, Bang Idin, Toto Sugito, dan banyak nama lainnya juga hadir untuk memeriahkan acara ini.

Topik 2 : Kesehatan & Pelayanan Komunitas Difabel
Moderator Septi Peni W, Sugeng Siswoyudono, drg. Anto Bagus, Sumadi
 Tak hanya dibuka dengan Rustriningsih, Wakil Gubernur Jawa Tengah, yang mengatakan sangat mendukung acara-acara kewirausahaan sosial seperti ini, kegiatan Temu Nasional ini juga menghadirkan Irma Suryati dan Ciptono sebagai pembuka. Keduanya adalah inovator sosial yang mengajak kaum difabel menjadi produktif melalui berbagai kegiatan. Bahkan, Ciptono adalah salah satu wirausaha sosial yang mampu memberdayakan 600 siswa SLB Negeri Semarang menjadi produktif, mulai dari menyulam, melukis hingga memproduksi handycraft dan tusuk sate.

Temu Nasional
Para peserta Temnas sudah memenuhi Astoria Ballroom Hotel Dafam Semarang

Selanjutnya, para peserta diajak untuk berkonferensi dan bercurah pikir bersama dalam berbagai diskusi topikal yang telah disiapkan oleh sekretariat AKSI Indonesia. Pada pertengahan Temu Nasional ini, disuguhkan pula forum khas JRU, Forum Wedangan yang kali ini dipersembahkan spesial bersama AKSI Indonesia, dengan narasumber Sandiaga S. Uno, Bang Idin, Rhenald Kasali, Kukrit Suryo Wicaksono, dan Prie GS.

Temu Nasional
Para kerabat JRU, berkarya sambil asyik mendengarkan para pembicara diskusi Kewirausahaan Sosial

Hingga pada malam harinya, ditutup oleh perbincangan bertemakan Pangan, Lingkungan Hidup, dan Kearifan Lokal oleh Toto Sugito (Bike 2 Work Community), Djufry (Yayasan Telapak), Agung Alit (Mitra Bali), Indro Surono (Aliansi Organis Indonesia) dan moderator Cahyo Suryanto dari Pusdakota. “Melalui pertemuan-pertemuan kewirausahaan sosial seperti inilah, pendekatan penyelesaian berbagai masalah sosial akan terasa lebih bermakna dan berkelanjutan. Acara-acara demikianlah yang pada akhirnya bermuara pada jalan perubahan, semoga!” tutur Shanty Rosalia, pembawa acara Temu Nasional menutup acara.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.