FORUM WEDANGAN
Menjalin Persaudaraan Membangun Mental Jawara

FORUM WEDANGAN
Bang Idin sdg menceritakan kisahnya sbg jawara, dg pelestarian hutan di Kali Pesanggrahan
Forum Wedangan hadir kembali. Acara khas Jaringan RumahUSAHA dengan tema yang sarat makna ini kembali hadir di tengah-tengah para penikmatnya. Forum Wedangan yang telah sempat rehat beberapa saat ini mengambil tempat di Astoria Ballroon Hotel Dafam Semarang, Jalan Imam Bonjol 188 Semarang pada Minggu, 9 September 2012 pukul 14.00 – 17.00 WIB. Bertemakan "Menjalin Persaudaraan Membangun Mental Jawara", Forum Wedangan ini menghadirkan Bambang Ismawan, Sandiaga S. Uno, Bang Idin, Rhenald Kasali, Kukrit Suryo Wicaksono, Prie GS dan iLik sAs.


FORUM WEDANGAN
Rhenald Kasali memamparkan tentang pentingnya kewirausahaan sosial
Forum Wedangan kali ini pun menjadi spesial karena merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari hajatan besar Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI), Temu Nasional Kewirausahaan Sosial 2012, yang dihelat di Semarang pada 9-10 September 2012. Karena pelaksanaannya yang berbarengan inilah, para hadirin Forum Wedangan berkesempatan menikmati rehat kopi sore dan jamuan makan malam bersama dengan kurang lebih 125 wirausaha sosial se-Indonesia yang hadir pada Temu Nasional 2012.
FORUM WEDANGAN
Para hadirin Forum Wedangan memenuhi ruangan Astoria, Hotel Dafam Semarang
Pada forum kali ini, tetamu diajak untuk mengkaji kembali peranan penting karakter, kepemimpinan, dan networking dalam membangun mental jawara. Bang Idin yang notabene-nya seorang jawara pelestarian alam di daerah Kali Pesanggrahan ini prihatin dengan orang-orang kini yang lebih mementingkan diri sendiri tanpa berkehidupan sosial. “Seharusnya orang-orang tak hanya berpikir menjadi jawara dalam kehidupannya sendiri, yaitu menjadi cendekiawan saja, tetapi seharusnya bisa memahami bagaimana bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya.

FORUM WEDANGAN
Solichedi, Kukrit SW, dan Sandiaga Uno bersantai, membaur brsm hadirin

Hal ini senada dengan Rhenald Kasali, Ketua AKSI dan Pendiri Rumah Perubahan. Menurutnya, saat ini banyak mentor bisnis yang mengajarkan kewirausahaan dengan cara cepat kaya. Padahal dalam kewirausahaan sosial ada beberapa hal yang menjadi pegangan yakni misi sosial, produk atau jasa yang ditukar, dan keuntungan yang dicari didistribusikan bukan untuk kepentingan diri sendiri, serta harus dapat mempertanggungjawabkan terhadap apa yang disalurkan.



FORUM WEDANGAN
Bambang Ismawan memberikan sambutan Forum Wedangan

Kukrit Suryo Wicaksono dan Prie GS pun menambahkan bahwa seorang wirausaha harus belajar dari kegagalan. Karena itu butuh mental juara untuk menghadapi kegagalan agar tidak mudah putus asa. Mengambil benang merah dari itu semua, Sandiaga S. Uno kemudian mengaitkan kewirausahaan sosial dengan kepemimpinan. “Pemimpin harus muncul dengan kearifan lokalnya. Ini kaitannya dengan bagaimana kita bisa memberikan personal best kepada lingkungan di sekitar. Inilah yang seharusnya ditanyakan pada diri masing-masing, Apakah yang terbaik sudah kita lakukan bagi sekeliling kita?” tuturnya dengan nadanya yang khas.

FORUM WEDANGAN
iLik sAs memberikan pembukaan Forum Wedangan dg gelitikannya yg khas
FORUM WEDANGAN
Nabila, bungsu iLik sAs, yg ikut memeriahkan Forwed dg bermain piano
FORUM WEDANGAN
Solichedi, Sandiaga Uno, Kukrit SW, dan Prie GS ikut klothekan brsm relawan JRU

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.