Sinau Bareng Membuat Animasi Bergerak dengan Photoshop

Jumat (09/11) kemarin, Rumah Belajar Jaringan RumahUSAHA kembali memberikan manfaat luar biasa melalui kegiatannya yang bertajuk “Sinau Bareng”. Pada kali ini Rumah Belajar didukung oleh Kompi Kreatip mengajak kita, teman-teman desainer, yang suka dunia desain, ataupun yang kompetensinya di ranah desain grafis untuk belajar bersama lagi dengan tema "Membuat Animasi Bergerak dengan Photoshop".

Acara yang seperti biasa diselenggarakan di Rumah Belajar, Jalan Brotojoyo Raya 1-G/7 Pondok Indraprasta Semarang ini berlangsung selama 2 jam penuh yaitu pukul 09.00-11.00. Jika pada biasanya kita lebih banyak diajak belajar tentang kiat-kiat dan mental berbisnis, pada kali ini kita akan diajak belajar tentang dunia desain grafis sekaligus IT yaitu membuat animasi bergerak (GIF) dengan Photoshop bersama Kompi Kreatip yang terdiri dari Bravo Budi, Arif Supri, Dodot, dll.

Apa itu GIF ?

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format, yaitu gambar bergerak atau yang lebih dikenal sebagai gambar animasi. GIF sendiri merupakan salah satu format gambar bitmap atau animasi yang paling didukung dan populer di jagat internet karena menggunakan metode Lossless Compression, yaitu kompresi yang tidak mengurangi kualitas pada gambar, namun dapat memperkecil besarnya jumlah file.

Sebagai permulaan, Shanty Rosalia sebagai host Rumah Belajar pun membuka kegiatan. Kemudian dilanjutkan Budiyono atau akrab disapa Bravo Budi yang langsung memberikan pengarahan dan contoh-contoh animasi bergerak dengan menayangkan video tentang tahap-tahap sederhana pembuatan animasi bergerak (GIF) dengan Photoshop.

Kegiatan “Sinau Bareng” membuat animasi bergerak (GIF) dengan Photoshop kali ini tampaknya membuat para peserta antusias. Beberapa orang di antaranya membuat animasi dengan gambar-gambar lucu hasil coretannya menggunakan mouse. Pada tahap berikutnya pun mereka tampak senang sekali bisa membuat animasi bergerak dengan foto Metha Nur Pratista sebagai bahannya. Ada yang membuat lehernya menoleh kanan-kiri, bibirnya bergerak-gerak, ada juga yang membuat alisnya naik-turun.

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.