Keterbatasan Bukan Alasan

Sering dari kita, termasuk saya juga dulu di masa lampau, ketika terbentur dengan yang namanya keterbatasan, yang ada bukannya semakin bersemangat mencari jalan keluar untuk menghadapi keterbatasan itu, tapi malah sebaliknya, putus asa, nggak semangat dan mencari ribuan alas an untuk mendukung keterbatasan itu.

Namun seiring berjalannya waktu dan banyak kejadian yang saya alami, ada banyak hal yang mengubah pandangan saya tentang keterbatasan itu sendiri. Yang awalnya ketika keterbatasan itu datang merontokkan semangat, sekarang saya membalikkan keadaan, ketika keterbatasan itu datang, saya jadikan keterbatasan itu sebagai motivasi yang berkali-kali lipat untuk menyusun semangat.

Memang tidak mudah, melakukan apa yang saya lakukan, tapi saya percaya, ketika saya bisa melakukan berarti kamu pun juga bisa melakukan. Hanya sedikit membalikkan cara berpikirnya. Analogi yang sering saya pakai adalah keterbatasan tentang uang dan makan. Ketika merasa uang kita terbatas bahkan mungkin sama sekali tidak punya uang, apakah kita akan diam saja, sementara kita butuh makan, ada  istri dan anak membutuhkan makan dirumah. Pilihannya ada 2, meratapi nasib saja karena tidak punya uang atau lebih giat lagi untuk produktif menghasilkan sesuatu untuk mendapatkan uang lebih.

Begitu juga dalam berkarya, saya bersyukur hari-hari ini, saya mendapatkan (kembali) fasilitas-fasilitas yang buat saya cukup memadai untuk berkarya dengan passion saya di dunia foto dan video, karena saya dipinjami temen-temen yang luar biasa baik. Ingat ya, punya fasilitas milik sendiri pun belum tentu bisa menghasilkan karya, saya juga sudah mengalami fase-fase itu. Banyak malesnya, banyak nganggurnya fasilitas-fasilitas yang saya miliki dulu.

Jangan jadikan keterbatasan sebagai penghalangmu untuk maju dan berkarya. Ketika kamu menemui jalan buntu, kamu bisa mencari jalan yang lain. Kalau bisa menghancurkan jalan buntu tersebut, itu akan lebih baik. Jangan pernah berhenti bergerak hanya karena merasa terbatas. Lawan semua keterbatasanmu dan temuilah jalan baru kehidupanmu.


Amanda Yudi Purwoko
Relawan Jaringan RumahUSAHA
http://sikumistory.wordpress.com/
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.