Melihat Masalah Sebagai Petunjuk




Saat kita menghadapi suatu masalah, seringkali kita menganggapnya itu sebagai suatu hukuman. Padahal sebenarnya bila kita mau melihat dari sisi lainnya, pasti selalu ada hal positif yang bisa kita ambil dari masalah yang kita alami tersebut. Seperti misalnya sebuah pelajaran hidup.

Saat kita menganggap masalah sebagai sesuatu yang buruk, mungkin perasaan yang sering muncul seperti perasaan tidak nyaman, jengkel, dan bahkan bisa menjadi marah. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena sudut pandang kita dalam melihat masalah hanya sebagai penghambat untuk mencapai sebuah tujuan.

Sebenarnya tanpa kita sadari, sebenarnya melalui masalah Tuhan sedang memberikan kita sebuah petunjuk agat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Maka akan sangat merugikan bila kita merespon sebuah masalah dengan emosi dan keluhan. Karena dengan begitu kita sama saja tidak merubah keadaan namun justru memperburuknya.

Tuhan akan senantiasa memperjelas petunjuknya saat kita mau mengintrospeksi dan melihat dengan tenang apa yang terjadi. Dengan introspeksi, kita akan mendapatkan makna bahwa setiap peristiwa selalu ada pelajaran yang bisa meningkatkan level di dalam diri kita. Secara tidak sadar saat kita dapat melihat masalah sebagai sarana pembelajaran maka sudut pandang kita terhadap masalah akan berubah menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.