Belajar Hidup dengan Sadar




Melakukan sesuatu yang terus menerus tanpa kesadaran penuh hanya akan melahirkan sesuatu yang sifatnya otomatisasi dalam kehidupan kita. Otomatisasi dalam setiap aspek kehidupan ternyata tidak selalu membawa dampak yang positif. Hampir segala sesuatunya diberikan kemudahan ternyata membuat kita hidup dalam ketidaksadaran. Segala sesuatunya seperti sudah bisa berjalan sendiri tanpa perlu ada usaha ekstra.

Segala sesuatu yang berjalan secara otomatis dalam kurun waktu yang cukup lama hanya akan membuat kita kehilangan kontrol pada pikiran. Misalnya saja, saat kita baru saja bangun tidur kita secara tidak sadar langsung mengambil hand phone hanya untuk mengecek status di sosial media. Begitupun dengan pola-pola kehidupan sehari-hari, seperti bangun tidur, mandi, berangkat kerja atau sekolah, kembali ke rumah dan kembali tidur. Pola yang terus-menerus tersebut membuat kita layaknya robot yang sudah terprogram.

Kesadaran terhadap apa yang kita lakukan menjadi sangat penting, sebab dengan kesadaran itulah kita mengetahui apa yang menjadi tujuan hidup. Dengan menyadari apa yang kita kerjakan, tentunya akan membuat diri kita mampu mengambil berbagai pelajaran maupun pengalaman atas apa saja yang telah kita lalui atau kerjakan.

Oleh karena itu, dengan mulai menyadari setiap proses yang kita lakukan maka hal tersebut juga melatih kita untuk berpikir secara kritis. Kita menjadi memiliki kemampuan untuk mengontrol diri serta situasi. Kita akan menjadi pribadi yang memiliki prinsip serta tujuan hidup yang jelas.








Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.