Memotivasi Diri Sendiri





Dari segi bahasa, motivasi memiliki arti dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Pentingnya motivasi dalam kehidupan manusia ialah sebagai daya bangkit serta daya gerak untuk melakukan sesuatu hingga mencapai apa yang menjadi tujuannya. Dengan memiliki motivasi, maka seseorang akan mampu menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

Saat ini banyak orang berpikir bahwa motivasi diri dapat dibangkitkan dari faktor-faktor eksternal. Seperti misalnya dengan mengikuti seminar-seminar ataupun mendengar cerita dari seseorang yang dianggap sudah mencapai kesuksesan. Sebenarnya, motivator yang terbaik yang sesungguhnya  bukan orang yang selalu tampil di TV dan mendapatkan tepuk tangan dari para penonton, namun motivator yang terbaik ialah diri kita sendiri.

Setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebenarnya, diri kitalah yang paling tahu tentang kelebihan dan kekurangan tersebut.  Apa yang bagi orang lain baik dan bermanfaat untuk dikerjakan, belum tentu baik pula  bila diterapkan  berguna bagi diri sendiri. Oleh karena itu memotivasi diri sendiri dengan melihat sisi kelebihan yang kita memiliki akan lebih berdampak besar dibandingkan terus mencari motivasi dari faktor eksternal.

Menjadi motivator bagi diri sendiri adalah bagaimana membangkitkan semangat diri kita. Dengan adanya motivasi dalam hidup, tentunya kita tidak perlu bingung lagi apabila mendapati banyak masalah yang bisa dikatakan sebagai tantangan kehidupan. Ketika kita mampu untuk memotivasi diri dengan benar, maka hasil yang kita dapatkan pasti akan maksimal.





Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.