Kepercayaan adalah Modal


Saat ingin membangun sebuah bisnis, seringkali banyak orang mengeluhkan tak memiliki modal. Seringkali modal hanya dikaitkan dengan uang. Banyak yang menganggap bahwa uang merupakan modal utama dalam membangun sebuah bisnis. Banyak juga yang lupa bahwa sebenarnya dalam diri kita terdapat modal yang lebih berharga dibandingkan dengan uang, yaitu modal kepercayaan.

Banyak sekali orang sukses yang mengawali bisnisnya hanya dengan modal kepercayaan. Dengan pola pikir yang tidak seperti orang pada umumnya, mereka menggunakan sumberdaya yang ada pada diri untuk dijadikan modal. Kepercayaan menjadi sangat penting sebab dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya akan selalu berhubungan dengan pihak lain.

Kita bisa belajar dari Bob Sadino. Saat masih merintis dulu, Bob Sadino menggunakan modal kepercayaan yang dimilikinya untuk berjualan kue milik tetangganya. Diwal sangat wajar bila selalu ada keraguan karena tetangganya masih belum mengetahui tentang kemampuannya, namun setelah satu minggu menjalankan bisnis kue keliling, ternyata Bob Sadino berhasil menghabiskan stok kue yang diberikan oleh tetangganya. Dari situlah kepercayaan mulai terbangun.

Itulah sekelumit contoh  kecil pelajaran dari Bob Sadino tentang modal kepercayaan. Modal uang yang hilang bisa kembali, namun bila kepercayaan sudah hilang maka akan sangat sulit untuk kembali. Membangun kepercayaan memang tidak bisa dengan sekejap mata. Perlu ada pembuktian bahwa apa yang kita ucapkan dan lakukan dapat dipercaya oleh orang lain.

Banyak orang yang sukses membangun kepercayaan namun pada perjalanan banyak juga yang gagal merawatnya. Karena kepercayaan bisa rusak hanya karena kesalahan kecil. Seperti peribahasa, “karena nila setitik, maka usak susu sebelanga”.



Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.