Tentang Sebuah Passion


Ada sebuah kalimat yang menyatakan, bekerjalah sesuai dengan passion jika ingin sukses. Beberapa orang mungkin sudah menerapkannya dan memang benar, sukses berhasil diraihnya. Namun tak sedikit juga yang hingga detik ini belum menemukan apa sebenarnya passion dalam dirinya.




Dari sini munculah pertanyaaan menggelitik terkait dengan passion, benarkah passion adalah sebuah bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir atau bisa jadi passion itu ditemukan seiring berjalannya waktu?

Secara harfiah, passion diartikan sebagai gairah untuk melakukan sesuatu. Dari pengertian singkat ini kita seharusnya bisa tau apakah yang membuat kita begitu bersemangat dalam melakukan sesuatu. Lebih dari sekedar mau melakukan, dalam sebuah passion ada keinginan kuat dan itu membuat kita semakin nyaman dan mencintai apa yang kita kerjakan.

Ada sebuah cerita, suatu ketika ada seorang anak muda yang terjebak dalam zona penantian yang panjang. Si anak tersebut bersikukuh untuk menunggu pekerjaan yang sesuai dengan passionnya. Berkali-kali si anak mencoba melakukan hal baru, mulai dari bekerja di sebuah perusahaan, sampai akhirnya memutuskan resign dan memulai bisnis. Tapi lagi-lagi, apa yang dikerjakannya berhenti di tengah jalan. Dan alasannya masih sama, apa yang dilakukannya tersebut belum sesuai dengan passionnya.

Lantas apakah yang harus dilakukan jika keadaan seperti itu juga menghampiri kita? Menunggu passion bukanlah pilihannya yang tepat, sebab seseorang yang rela menunggu berlama-lama pekerjaan sesuai dengan passionnya adalah mereka yang telah menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Life must go on, dan untuk dapat bertahan hidup seseorang pasti butuh pekerjaan yang menghasilkan uang guna keberlangsungan hidupnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri.
Bekerja sesuai dengan passion memang terlihat menyenangkan, Namun menunggu pekerjaan yang sesuai dengan passion bukanlah sikap yang bijak. Jika memang kita mempunyai passion, maka perjuangkanlah sampai passion itu mengantarkan kita pada kesuksesan. 

Orang yang hanya diam, tidak melakukan apapun dengan alasan tidak menemukan pekerjaan sesuai passion, boleh jadi hanya seorang pemalas yang sedang menutupi kemalasannya.
Passion bukan pengikat yang membuat seluruh aktivitas seseorang terhenti ketika apa yang kita kerjakan saat ini mungkin belum sesuai dengan passion dalam diri kita.

Dalam perjalanannya, passion memang bukanlah sesuatu yang dimiliki sejak lahir, bukan pula sesuatu yang di wariskan garis keturunan. Dalam aktivitas keseharian ataupun rutinitas pekerjaan, suatu hal yang membuat kita tertarik untuk tetap melakukannya inilah yang disebut dengan passion. 

Jadi apapun yang saat ini kita kerjakan, nikmati dan lakukanlah dengan kesungguhan hati, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Tapi satu yang pasti, apa yang akan terjadi di kemudian hari adalah buah dari usaha kita hari ini.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.