Menghasilkan Dollar Melalui Passive Income? Why Not


Hari kita kita hidup di era digital yang semuanya serba online. Tentu kemudahan ini disambut antusias, sebab bagi sebagian orang kesempatan ini dipandang bisa memberikan peluang yang besar salah satunya kesempatan untuk ‘bekerja’ dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang.





Bekerja secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan melakukan ‘sesuatu’ yang menghasilkan. Dalam hal ini semua sepakat jika uang adalah tujuannya. Bekerja selalu identik dengan aktivitas yang dilakukan di luar rumah, daalam artian masih ada yang berpendapat jika bekerja itu selalu identik dengan kantor, mengenakan seragam atau pakaian yang rapi, sepatu dan wajib mentaati aturan-aturan yang mengikat. Lantas bagaimana dengan yang sehari-harinya mengerjakan ‘sesuatunya’ dari rumah, bisakah mereka disebut juga sedang bekerja?


Beruntunglah kita yang saat ini hidup di era internet karena pada masa inilah berbagai fasilitas dan kemudahan ditawarkan, bahkan untuk sekedar bekerja bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Melalui internet juga kita bisa berinteraksi dengan siapapun di berbagai belahan dunia tanpa terhalang ruang dan waktu. Tidak heran jika belakangan pekerjaan online begitu diminati dan mulai menjamur, salah satunya adalah mendapatkan passive income melalui bisnis online yang dikenal dengan istilah Microstock.


Microstock merupakan bisnis online untuk memperoleh penghasilan tambahan dari perusahaan atau agensi microstock. Bisnis ini sebenarnya bukanlah hal yang baru di Indonesia, tetapi faktanya hanya segelintir orang yang tahu banyak tentang microstock bahkan untuk menggelutinya secara serius. 


Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun mengingat modal yang diperlukan untuk menjalankannya hanya ada 2, yaitu sebuah karya (foto,gambar,musik,ataupun video, dll) serta alat pembayaran berupa paypal. Bahkan untuk seseorang yang tidak memiliki keahlian menghasilkan karya seperti yang disebutkan di atas juga bisa ikut menjalankan bisnis online ini. Caranya adalah dengan menjadi kontributor atau orang yang berkontribusi menjual produk di suatu marketplace. Untuk menjadi seorang kontributor pun juga tidaklah begitu sulit, hanya tinggal melakukan registrasi kita sudah terdaftar menjadi seorang kontributor.



Saat ini kita mengenal beberapa agen Microstock ternama seperti POND5, 123rf, Fotolia, Shutterstock, Motion Elements, Dreamstime, Envato, dll, di mana kesemuanya ini merupakan pasar yang dapat menampung produk yang akan kita jual. Melalui marketplace yang menjadi agency Microstock inilah  kita mendapatkan peluang yang besar untuk menghasilkan passive income. 


Lantas bagaimana cara kita untuk menjual produk tersebut? Pada prinsipnya prosesnya hampir sama dengan yang kita lakukan ketika menjual produk di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, yaitu tinggal upload produk tersebut. Setelah berhasil online pengunjung dapat mengunduh atau download produk kita. Untuk setiap download dihargai dengan nominal yang berbeda-beda tergantung dari kualitas suatu karya. Biasanya untuk beberapa marketplace sudah memiliki standar harga yang berkisar antara 20-25 US dollar.


Keuntungan yang diperoleh ketika kita menjalankan bisnis ini adalah kesempatan untuk memasarkan produk pada beberapa marketplace secara bersama. Artinya peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan terbuka begitu lebar. Seperti halnya menjalankan bisnis, untuk bisa sukses di sini bukanlah perkara yang mudah mengingat saat ini sudah banyak yang menjalankan bisnis serupa. Di sinilah tantangannya, selain dituntut untuk lebih kreatif, kita harus selalu melakukan riset terhadap produk yang laku di pasar. Karena tak sedikit pula yang terjebak dalam pemikiran yang idealis untuk menghasilkan karya sebagus mungkin. Perlu diketahui bahwa menghasilkan karya yang bagus bukanlah yang utama karena setiap karya yang bagus belum tentu disukai pasar. Sebagai acuan buatlah karya atau produk sesuai kebutuhan konsumen atau yang sedang tren di pasar.


Bagaimana sudah siap mendapatkan penghasilan ekstra melalui Microstock? 

(Sumber gambar:http://bit.ly/2OhrBP7)



Semarang, 11 Oktober 2018



Redaksi RumahUsaha.Net






Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.