Sukses Menjadi Youtuber


Kita tentu sudah familiar dengan situs web bernama YouTube. YouTube sendiri merupakan salah satu situs web yang memanjakan penggunanya dengan berbagai kemudahan seperti menonton, mengunggah dan berbagi video. Hal ini semakin diperkuat dengan kemunculan program atau tayangan yang menarik generasi milenial untuk beralih dari media elektronik konvensional seperti televisi ke YouTube. 




YouTube lebih dari televisi, seperti itulah fenomena yang kita hadapi. Kebebasan berkreasi bagi generasi milenial seakan menemukan wadah yang tepat. Era kreativitas tidak ada matinya bahkan semakin hari akan muncul kreator dengan konten yang bersaing. Fenomena inilah yang kemudian memunculkan profesi baru yang kita kenal dengan nama youtuber.


Sebut saja Eka Gustiwana, Ria Ricis atau Atta Hallilintar, nama mereka dikenal berkat konten yang lahir dari YouTube. Dari sinilah kemudian orang terang-terangan mengakui mulai tertarik dengan profesi sebagai youtuber. 


YouTube kini telah berkembang menjadi industri. Banyak orang berlomba-lomba menghasilkan konten semenarik dan sekreatif mungkin demi popularitas dan tentunya penghasilan yang usut punya usut bernilai puluhan juta. Lantas bagaimana seorang YouTuber bisa memperoleh pendapatan?


Cara kerja seorang youtuber juga terbilang mudah, mereka tinggal memproduksi video dengan konten yang unik lalu diunggah di YouTube agar dapat bisa dinikmati semua orang. Bagi orang awam mungkin akan bertanya-tanya bagaimana bisa seorang youtuber menghasilkan rupiah, sedangkan kita tahu bahwa untuk akses sebuah karya di YouTube juga tidak dikenakan biaya apapun. 


Jika mengamati lebih dalam sebenarnya ada beberapa potensi yang menjadi pundi-pundi rupiah seorang youtuber. Pertama iklan, yaitu dengan mengijinkan youtube menempatkan iklan di video yang kita unggah. Sebagai timbal balik atas iklan yang sudah tayang, youtube akan membagi hasil dari iklan tersebut. Cara monetize seperti ini banyak dilakukan para youtuber sebagai jalan memperoleh penghasilan.


Kedua sponsor, ketika video yang kita produksi disukai banyak orang otomatis akan berdampak pada meningkatnya jumlah subscriber dan viewer. Hal ini berpotensi untuk mendatangkan sponsor atau pengiklan dari luar youtube ke dalam channel youtubenya.

Menjadi youtuber tidak semudah apa yang terlihat. Tuntutan untuk menghasilkan konten yang berbeda mengharuskan setiap youtuber mampu berinovasi dan lebih kreatif agar karya yang dihasilkan disukai banyak orang sehingga dapat mendatangkan subscriber dan viewer.

Tertarik untuk menjadi youtuber?



Semarang, 19 Februari 2019
Redaksi RumahUsaha.Net










Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.