JRU dan AKSI Jateng Gelar Forum Wedangan Keliling

Gerakan kewirausahaan tidak hanya dimonopoli oleh kalangan elite semata, terutama yang hidup di daerah perkotaan. Tetapi, gerakan ini sudah semestinya hidup hingga ke relung-relung pedesaan yang justru merupakan urat nadi kewirausahaan bermula. Inilah sebenarnya konsep pemberdayaan yang semestinya hidup. Cita-cita itulah yang kemudian menggagas lahirnya Forum Wedangan Keliling. Simak prolog perjalanannya berikut ini :

Forum Wedangan yang dihelat JRU secara berkala saat ini telah menjelma menjadi sebuah forum silaturahmi dan berbagi inspirasi kewirausahaan dan kebudayaan yang unik, hangat, dan bersahabat. Komunitas yang menjadi simpatisannya juga semakin beragam. Bisa dikatakan, Forum Wedangan telah menjadi ikon gerakan kewirausahaan di Semarang. Identitas tersebut merupakan kebanggan bersama bagi keluarga besar JRU. Kegiatan yang dihelat sejak 2006 ini diterima masyarakat dengan baik dan menggerakkan tumbuhnya kantong-kantong komunitas kewirausahaan baru.

Identitas ikon tersebut kemudian berpadu dengan idealisme jika ide kewirausahaan sesungguhnya bukan konsumsi elite perkotaan semata. Tetapi, sebaliknya, ide tersebut sudah semestinya menyentuh relung pedesaan agar tumbuh sebuah keserempakan gerakan yang memandirikan masyarakat secara keseluruhan. Dari landasan gagasan itulah, JRU kemudian menginisiasi Forum Wedangan Keliling. Forum Wedangan yang biasanya dihelat di Semarang nantinya akan menyapa saudara-saudara kita peternak sapi di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dan perajin lurik di daerah Bantul, Jogjakarta. “Kami berkeinginan untuk membuat sebuah perjalanan kewirausahaan untuk menyebarkan ide kewirausahaan berbasis komunitas dan bisnis sosial ke saudara-saudara yang lebih banyak lagi,” tutur Agung Sulistiarto, Koordinator Program Forum Wedangan Keliling.

Forum Wedangan Keliling akan mulai dihelat oleh relawan JRU di pertengahan Juni ini. Cakupan kegiatan akan menjangkau kantong komunitas di Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, Solo Raya, dan Jogjakarta. “Kami tidak menutup kemungkinan untuk tiba-tiba mampir berbagi di daerah yang memang dapat membuktikan sebuah gerakan kewirausahaan yang luar biasa,” lanjut Agung Sulistiarto. Kegiatan ini telah menjadi program JRU selama tiga bulan ke depan dan didukung oleh seluruh relawan JRU dan beberapa kerabat simpatisan JRU yang bersedia berbagi. Forum Wedangan Keliling tetap diformat sebagai forum berbagi inspirasi dengan menghadirkan beberapa tokoh. Tokoh yang nanti akan berkolaborasi antara lain Prie Gs, Bambang Nugroho, beberapa kawan perbankan, dan pegiat bisnis sosial dari Jakarta.

Kegiatan Forum Wedangan Keliling ini merupakan agenda pertama bagi Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI) Chapter Jawa Tengah-Jogjakarta di mana JRU telah didaulat oleh AKSI Pusat sebagai motor penggeraknya. Vibrasi kewirausahaan sosial sejatinya selaras dengan praktik kewirausahaan berbasis komunitas yang menjadi napas JRU. “Melalui program ini, kami berharap bisa menambah saudara baru dari lokasi-lokasi yang tidak terbayangkan sebelumnya,” imbuh Tri Prameswari, Founder JRU yang nantinya menjadi bagian dari aktivis AKSI Chapter Jawa Tenga-Jogjakarta. 
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.