Selamat Ulang Tahun Ke-3, Wiramuda!

Mahalnya biaya perkuliahan, membuat beberapa orang tidak mampu meneruskan pendidikan. Hal ini pulalah yang Serena Marga, Lina Luthfiana, Lilies Fajeri, Aris Sriyono, Reza Purwanto, Fiddin, dan Taufan Jaka Andika alami. Sampai akhirnya, mereka menikmati dunia pendidikan berbasis kewirausahaan dengan bendera Wiramuda sampai saat ini.

Di Wiramuda inilah, mereka bisa menimba ilmu yang selama ini tidak pernah didapatkan di bangku sekolah. Di sini, para Wiramuda diarahkan untuk bisa memanajemen bakat dan kemampuan. Wiramuda sendiri bisa mengembangkan kompetensi usaha sesuai hobi dan interest, serta berbagi ilmu dan pengalaman bisnis dengan para pelaku usaha secara langsung.

Tidak mudah memang berevolusi dari seorang yang awam menjadi seorang wirausaha. Sebelumnya, selama enam bulan pertama, Wiramuda menjalani masa pendadaran, di mana dalam masa tersebut kami diberikan pelajaran-pelajaran tentang pengembangan diri dan dasar-dasar kewirausahaan seperti mengenali potensi, menemukan legenda diri sendiri, pengenalan pasar, hingga selanjutnya menjalani masa pendampingan dimana mereka harus memupuk keterampilan bisnis di ranah praktis.

Kini, Wiramuda yang tepat berulang tahun ke-3 pada 1 Desember 2011 yang lalu ini telah memasuki dunia bisnis secara praktis. Wiramuda telah mempunyai usaha sesuai kompetensi dan interest masing-masing. Serena Marga yang mempunyai kompetensi di lini menulis dan mempunyai bisnis kecantikan Lumpur Laut Mati. Lina Luthfiana yang mempunyai bisnis butik desain kaos online kaliber internasional Art Labs dan No Label. 

Aris Sriyono yang menemukan dirinya di dunia komputer dan desain grafis, serta sekarang masuk menjadi salah satu tim kreatif JRU. Reza Purwanto yang mempunyai bisnis clothing Hikaru Mangacloth. Lilies Fajeri yang sekarang menjadi pemilik dan pengelola sebuah toko kebutuhan percetakan di Kudus. Taufan Jaka Andika yang juga menjadi pemilik dan pengelola sebuah toko kebutuhan percetakan di Pekalongan. Serta Fiddin yang mempunyai usaha cutting sticker Josho Sticker.

Perjalanan mental-lah yang membuat Wiramuda menjadi seperti saat ini. Tidak mudah mencapai posisi Wirausaha Muda seperti sekarang. Tentu juga melalui proses yang cukup panjang dan perlu kedayatahanan yang kuat untuk mampu bertahan dari 12 orang menjadi 7 orang. Selamat 3 tahun, Wiramuda! Semakin berjaya, semakin menjadi pribadi-pribadi yang berprestasi dan lebih baik!


Serena Marga
Wiramuda, Relawan JRU
twitter: @saoriserena
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.