Kemampuan Bahasa Inggris Para Relawan JRU Terbukti Meningkat

Menguasai bahasa Inggris tampaknya sudah sesuatu yang wajib di hari ini. Tetapi bagi orang-orang awam, tetap saja bahasa internasional itu masih menjadi sesuatu yang sulit untuk dikuasai. Kuncinya memang perlu pembiasaan. Jika kita terbiasa dengan sesuatu dari hari ke hari, maka perlahan atau cepat kita pasti akan menguasainya. Tak peduli struktur dan gramatikalnya, yang penting “I know, you know”.

Itulah yang kami lakukan akhir-akhir ini. Sadar bahwa jaman sudah berubah dan mengakui jika kemampuan berbahasa Inggris kami terbilang pas-pasan, terlebih kondisi faktual dinamika Jaringan RumahUSAHA sendiri sebagai komunitas yang sudah membutuhkan semakin banyak relawan yang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lebih lancar. Sadar akan hal itu, para relawan Jaringan RumahUSAHA rutin mengikuti kelas Bahasa Inggris bertemakan Mastery in English pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Dengan pelajaran yang cukup sederhana yaitu berlatih conversation sehari-hari seperti bercerita tentang pengalaman, hobi, atau tempat rekreasi yang pernah dikunjungi, membuat para relawan merasa nyaman dan tidak merasa seperti sedang belajar. Setidaknya untuk membuat kami semua percaya diri ketika harus berbicara dengan orang asing atau sekadar membaca teks atau menonton film berbahasa inggris.

Beberapa peserta kelas Bahasa Inggris yang termasuk angkatan 1 dan angkatan 2 yang telah mengikuti kegiatan sejak Desember sudah dianggap mampu melampaui kemampuan dasar dan kini tergabung dalam Intermediate Class. Tak kalah dengan angkatan 1 dan 2, tepat pada hari Senin (15/04) lalu, angkatan 3 telah menyelesaikan kelas dasar Bahasa Inggrisnya dan pada minggu depan para peserta akan naik ke level Intermediate Class.

Di Intermediate Class ini, pelajaran English conversation-nya lebih beragam. Percakapan yang dilakukan pun dipilihkan tema yang lebih kompleks. Dengan kosakata yang lebih banyak dan kompleks, tentu diharapkan kompetensi komunikasi dalam Bahasa Inggris akan lebih lancar. “Practise makes perfect”. Seperti itulah pameo yang benar-benar kami rasakan saat ini. Kini bisa dikatakan, kemampuan kami dalam berbahasa Inggris mengalami peningkatan yang luar biasa.

Mari terus belajar dan bertumbuh bersama!
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.