FORUM WEDANGAN DADAKAN KAMPOENG SEMARANG
Gita Wirjawan: Pengusaha Harus Punya Common Sense

Acara khas milik Jaringan RumahUSAHA, Forum Wedangan yang sempat rehat beberapa saat ini kembali menyapa pada Selasa (22/10) kemarin. Forum Wedangan kali ini menjadi spesial karena merupakan acara dadakan yang tidak dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya. Yang tak kalah spesial, tamu inspiratif yang kali ini bertandang adalah Menteri Perdagangan Indonesia, Gita Wirjawan dan Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono.

Bukan Jaringan RumahUSAHA jika tidak bisa menampilkan sesuatu hal yang baru. Forum Wedangan yang ke-65 ini tampil khusus diselenggarakan di Kampoeng Semarang, Jl. Raya Kaligawe KM.1 no.96 Semarang pada Selasa, 22 Oktober 2013 pukul 20.30 hingga 22.30 WIB. Undangan yang disebar pada pukul 3 sore di hari yang sama pun menuai hasil yang memuaskan. Para peserta yang umumnya wirausahawan dan figur-figur sentral lainnya dari berbagai komunitas UKM di Semarang dan Jawa Tengah datang antusias.

Bermula dari Kukrit SW yang memperkenalkan Jaringan RumahUSAHA kepada Gita Wirjawan, diadakanlah Forum Wedangan kali ini. Telah beberapa kali berinteraksi dengan komunitas JRU dan beberapa kerabatnya, tak henti Kukrit SW menceritakan komunitas para pegiat kewirausahaan di ranah ekonomi ini. Inilah yang akhirnya membuat hati Sang Menteri Perdagangan Indonesia, Gita Wirjawan penasaran ingin berbincang dan mengenal lebih dalam tentang JRU.

Dalam Forum Wedangan ini, Gita Wirjawan flashback tentang proses hidupnya sebelum menjadi Menteri seperti sekarang. Dimulai tentang ceritanya yang pernah tinggal di Bangladesh selama 3 tahun dan bercita-cita menjadi musisi handal, membuat hidupnya sempat amburadul. Perjalanan hidupnya yang nyaris give up, membuatnya terus belajar untuk “melihat gelas setengah penuh, bukan gelas setengah kosong”.

Ia mencontohkan Steve Jobs yang mampu merubah dunia dengan intelektualnya menciptakan Apple. Menurutnya, Pengusaha sukses harus mempunyai Common Sense seperti Steve Jobs, tidak berpikir terlalu complicated. Sederhana dalam berpikir, tapi kaya akan tindakan. “Pengusaha sukses itu harus common sense, risk taker, dan jangan takut salah selama bukan pada kesalahan yang sama,” pungkasnya.
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.