Hidup Adalah Kesempatan

Kehidupan berjalan begitu cepatnya, terkadang tak terasa, senin cepat sekali bertemu senin. Kesibukan yang selalu menjejali hari-hari kita, tak lagi mampu membuat kita bisa menikmati waktu yang sebenarnya bisa kita nikmati dengan perlahan lahan.

Kehidupan berjalan begitu cepatnya, terkadang tak terasa, senin cepat sekali bertemu senin. Kesibukan yang selalu menjejali hari-hari kita, tak lagi mampu membuat kita bisa menikmati waktu yang sebenarnya bisa kita nikmati dengan perlahan lahan.

Itu yang dialami kebanyakan orang, dan saya sangat beruntung, ketika saya bukan bagian dari kerumunan dan pastinya saya tidak terjebak disana, tidak terjebak di kerumunan orang-orang yang riuh dengan kesibukan masing-masing, yang pada akhirnya hidup mereka hanya untuk mereka sendiri, tak ada waktu untuk memikirkan orang lain.

Hidup bukanlah tentang rutinitas, bukan sekedar bangun tidur, mandi, sarapan, berangkat kerja, pulang, dan tidur lagi. Betapa membosankan hidup itu, jika isinya hanya seperti itu. Sama halnya, ketika sehari Anda makan dengan menu yang sama sejak pagi sampai malam, sekalipun alasannya tidak punya uang, pasti rasa bosan itu ada, akan selalu muncul keinginan untuk makan menu yang lain dan harusnya hidup itu seperti itu.

Beruntungnya saya, ketika saat ini saya menjadi bagian dari era digital. Ketika dunia tak lagi jauh dan asing bagi saya, dengan bantuan internet, semuanya menjadi dekat dan mudah untuk diakses. Selalu ada hal baru yang bisa dipelajari untuk menambah ilmu dan wawasan. Sama sperti pepatah bilang, sekalipun sudah ahli sebagai pemotong kayu, seorang pemotong kayu harus tetap mengasah kapaknya agar tetap tajam, agar pekerjaannya menjadi lebih cepat selesai. Ketika ada yang bilang internet itu membosankan, menurut saya, ya karena belum menemukan sisi asyik dari internet itu. Banyak hal ditawarkan di sana, dan tak akan pernah habis dalam sekejap ketika kita mau belajar darinya.

Sering sering mengambil sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang, agar tak mudah jenuh dalam menjalani kehidupan. Cara termudah, adalah dengan mengubah kebiasaan. Yang terbiasa berangkat bekerja dengan menggunakan motor/mobil, cobalah sesekali naik angkot atau yang paling ekstrem, berjalan menuju ke kantor, jika jarak antara kantor dan rumah masih wajar. Jangan terlalu nyaman di kondisi yang ada sekarang, nyaman itu secukupnya saja, jangan berlebihan.

Banyak kesempatan yang disediakan, namun terkadang karena kondisi yang nyaman, membuat kita enggan untuk beranjak mencoba hal-hal baru. Hidup adalah tentang kesempatan, kesempatan untuk melakukan yang terbaik untuk diri kita sendiri dan melakukan yang terbaik untuk orang lain. Jangan pernah merasa bangga, ketika hidupmu sukses tapi orang-orang disekitarmu, tidak bisa merasakan sukses yang telah Anda capai. Life is for share.

Hidup memberikan kesempatan.
Hidup memberikan banyak pintu pilihan.
Dan hidup bukanlah tentang rutinitas.

Amanda Yudi Purwoko
Relawan Jaringan Rumah Usaha
Twitter > @SSiKuMiSS
Enjoy My Experiences > Cerita Si Kumis
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.