Semua Orang Bisa Melakukan

"semua orang bisa melakukan, hanya butuh meyakinkan diri dan diyakinkan.."

Tidak ada yang bisa menyangkal jika sebenarnya, manusia terlahir dengan potensi yang luar biasa. Kalo bahasa saya, setiap orang punya daya ledaknya masing-masing. Tapi karena terkadang, karena lingkungan yang tidak mendukung, membuat daya ledaknya itu tertelan oleh rasa pesimis yang muncul dari dalam diri.

Beberapa waktu yang lalu, saya dilibatkan di sebuah project, membuat short movie. Dimana, para pemain di movie ini adalah pegawai disuatu instansi. Bukan hal mudah, ketika harus mendirect dan menata orang-orang yang memang bukan pemain film, pasti muncul rasa canggung, ekspresi yang tidak natural, grogi dan lainnya.

Masalah yang paling sering muncul adalah, mengenai penghapalan naskah. Sekalipun berbentuk short movie, para pemain dituntut untuk hafal materi-materi yang harus diucapkan. Dan hal inilah yang menjadi ketakutan, karena menurut para pemain ini, daya ingat mereka sudah berkurang dan susah untuk menghafal sebegitu banyaknya materi, dan mereka sendiri yang berbicara tentang rasa pesimis itu.

Akhirnya, dari tim movie maker mencoba mengakali kondisi tersebut dengan membuat tulisan besar di sebuah MMT, harapannya, ketika mereka lupa, mereka bisa membaca. Setelah take selesai, dan mereka bersiap pulang, tim movie maker pun juga sudah berkemas, pimpinan instansi ini muncul untuk mengecek hasil kerja tim. Dan diluar dugaan, pimpinan ini meminta take ulang, karena menurut beliau ini, hasilnya masih kaku dan terlihat membaca. Para pemain, yang sudah bersiap2 pulang, dipanggil kembali dan tim yang sudah berkemas-kemas, harus mempersiapkan diri lagi untuk re take.

Dan disinilah, di bagian inilah, saya melihat pimpinan ini bukan hanya sebagai bos, tapi juga leader yang sangat memberi pengaruh positif, mampu memotivasi para pemain film dadakan ini. Meyakinkan mereka, bahwa mereka bisa melakukan dengan lebih baik lagi. Tidak hanya meminta mereka melakukannya sendiri, pimpinan ini pun juga terjun langsung untuk menyemangati. Dan, bukan hanya para pemain yang termotivasi, kami, tim movie maker pun serasa mendapat suntikan energi yang baru yang lebih segar.

Dan, hasilnya, seluruh pemain mampu menghafalkan semua materi yang menurut mereka sudah tak mungkin lagi dihapalkan. Take ulangan itu pun sukses, tanpa mereka membaca tulisan di MMT yang udah dibuat. Semuanya hapal dengan sempurna.

Catatan untuk saya kali ini adalah, setiap orang mempunyai potensi ato daya ledaknya masing-masing. Setiap orang punya kemampuan tersembunyi dalam dirinya, namun karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung, membuat potensi tersebut melemah dan akhirnya hilang. Dan yang pasti, yang perlu disadari adalah, kita membutuhkan bantuan orang lain untuk meyakinkan diri kita tentang potensi dan daya ledak yang tersembunyi tersebut.

Pada intinya, semua orang bisa melakukan, hanya butuh meyakinkan diri dan diyakinkan.


Amanda Yudi Purwoko
Relawan Jaringan Rumah Usaha
Twitter > @SSiKuMiSS
Enjoy My Experiences > Cerita Si Kumis
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.