Tak Ada Yang Instan Untuk Berhasil

Berkembangnya kemajuan teknologi beberapa tahun terakhir ini di Indonesia, khususnya di dunia maya, tak pelak mempunyai influence yang cukup besar bagi pengguna internet. Sosial media yang beragam, dijadikan ajang untuk mengenalkan
produk atau jasa seluas-luasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Rumah Belajar Brotojoyo, mengundang salah satu praktisi internet marketing, Fori Suwargono untuk sharing. Kelas berbagi ini dikhususkan untuk sedulur JRU yang rata-rata baru memulai usahanya. "Tentu tak ada yang instan untuk berhasil. Memahami sosial media tidak serta merta meledakkan omzet" begitu ujar Mas Fori di depan kelas.

Ditegaskan Fori, tidak ada keberhasilan yang bisa diraih dengan cara yang instan. Ada banyak cara dan strategi khusus yang harus dilakukan. Di kelas ini Mas Fori sharing tentang tips dan trik untuk melakukan penjualan dengan menggunakan sarana Facebook.

Kelas #SinauBareng yang diadakan untuk mengisi waktu ngabuburit ini di hadiri lebih dari 20 peserta. Salah satunya adalah Febru Harsono, yang saat ini getol sekali berjualan produk miliknya yaitu Felind’s Bag, tas kasual yang segmennya untuk cewek-cewek ABG. “Banyak sekali ilmu yang di dapat dari sharingnya Mas Fori, salah satunya trik mengenalkan produk kita melalui facebook,“ kata Febru.

Coba perhatikan sejenak, di sosial media manakah yang tidak ada orang menawarkan dagangannya? Tidak perlu jauh-jauh, coba cek di kontak BBM kita. Pasti ada satu atau dua teman kita yang berjualan. Semuanya berlomba-lomba mencari peluang dan marketnya masing-masing di beragam sosial media.

Berjualan melalui sosial media memang mudah, tapi jika tidak diimbangi dengan ilmu-ilmu penunjangnya, hasilnya pun juga akan biasa-biasa saja. Lakukan terlebih dahulu riset dari bisnis online yang akan diterjuni. Jangan menyerah jika masih belum berhasil, terus belajar dan mengevaluasi.

Amanda Yudi Purwoko
Relawan Jaringan Rumah Usaha
Twitter > @SSiKuMiSS
Enjoy My Experiences > Cerita Si Kumis
Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.