Bersinergi dengan Komunitas OASE



Rasanya menjadi sebuah kehormatan bagi komunitas kami, Jaringan Rumah Usaha (JRU) apabila ada komunitas-komunitas yang berkenan untuk datang ke tempat kami. Tanggal 18 September 2015 lalu, rombongan para ortu dan anak-anak dari Jakarta menyempatkan berkunjung untuk bersilaturahmi ke komunitas Jaringan Rumah Usaha. Rombongan yang berangkat dari Jakarta menuju Semarang menggunakan kereta api ini adalah bagian dari komunitas OASE.

Salah satu motor penggerak di komunitas OASE adalah Mbak Mira Julia atau yang akrab disapa dengan Mbak Lala dan Mas Aar Sumardiono, suaminya, yang juga pengelola website www.rumahinspirasi.com. Komunitas ini terbentuk atas satu kesamaan yaitu, anak-anak dari anggota komunitas OASE ini sama-sama tidak mengenyam pendidikan formal di bangku sekolah. Dengan kata lain, homeschooling.

Kunjungan yang menjadi pertemuan perdana bagi ke-2 komunitas ini, menjadi ajang untuk saling berbagi cerita. Mas iLik sAs, salah satu founder JRU terlihat antusias sekali dengan kunjungan ini. Sebab secara tidak langsung, kedua komunitas ini bisa terhubung karena anak-anak Mas iLik juga belajar dengan cara homeschooling di komunitas yang lain.


Di satu sesi yang santai, kedua komunitas ini saling berbagi cerita mengenai pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui.  Mas iLik berbagi cerita tentang perjalanannya membangun JRU, sedangkan Mas Aar dan Mbak Lala bercerita tentang komunitas OASE dan seputar perkembangan parenting.

Jangan berharap di sini ada suasana formal, anak-anak harus duduk mendengarkan orang tua. Sekalipun orang tua sedang saling berbagi pengalaman, anak-anak tetap menjalankan kegiatannya masing-masing. Ada yang asyik berlarian, ada yang asyik menari, ada yang asyik bermain, dan melakukan kegiatan lain sesuka hati mereka. Nah, di situlah terlihat kebebasan dan kemerdekaan dunia anak-anak.




Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.