Menikmati Proses


Setiap orang tentu menginginkan hasil dalam setiap usahanya. Proses yang cukup panjang tentu sering membuat bosan. Tapi tunggu, dalam sebuah proses untuk meraih sebuah hasil ada banyak pelajaran yang bisa kita dapat. Bahkan, sebuah kegagalan adalah sebuah proses untuk mendapatkan hasil berupa keberhasilan.

Kalimat-kalimat diatas mungkin sering kita dengar bila mengikuti seminar motivasi atau seminar bisnis. Namun, terkadang kita kurang meresapinya. Bisa jadi kalimat tersebut seketika membakar semangat kita untuk terus berjuang. Tapi, berapa lama efeknya ketika kita tidak sadar penuh dengan apa yang kita lakukan dalam sebuah proses? Tentu tak akan lama efeknya bila itu bersumber dari pihak lain.

Sebuah perjalanan panjang akan kita lalui untuk menuju sebuah hasil yang bernama kesuksesan. Kesadaran dalam sebuah perjalanan berproses inilah yang perlu kita miliki. Mengapa perlu? Dengan kesadaran tentu kita akan sangat tahu apa-apa yang kita lakukan. Bahkan, apa-apa resiko yang akan kita dapat pun akan terukur. Inilah yang disebut dengan pelajaran, sebuah tindakan yang diambil dengan tahu resikonya serta terukur adalah sebuah pelajaran untuk menentukan langkah-langkah kita berikutnya. Dengan kesadaran pula, kita akan lebih mampu mengontrol diri dari sisi  emosi. Kontrol diri ini penting agar kita lebih tenang dalam melangkah.

“Sang Jawara selalu berproses dan mengukur tindakan yang ia ambil diiringi ketenangan diri dalam mengambil keputusan”

Reza Aditya

Relawan Jaringan RumahUSAHA

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.