Berjalanlah Terus

Sadar tidak sadar, hidup yang kita jalani saat ini adalah sebuah proses. Setiap peristiwa yang terjadi dalam diri kita sebenarnya merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk menjadikan diri kita menjadi lebih matang.

Setiap orang pastinya mengalami proses kehidupan yang berbeda. Peristiwa yang berbeda serta jangka waktu dengan kurun waktu yang berbeda pula. Proses yang tidak menyamankan serta beratnya proses yang dialankan seringkali menimbulkan rasa kecewa serta putus asa. Sehingga untuk menghindari dari tidak nyamannya proses, banyak dari kita yang mencari jalan yang instan. Sebagian dari kita tak menyadari bahwa kemudahan-kemudahan dan cara yang instan merupakan salah satu dari sebuah jebakan mental. Sehingga cenderung lebih terfokus pada hasil yang diinginkan dibandingkan dengan proses awal yang perlu dijalani. Padahal saat menikmati sebuah proses, kita akan mendapatkan banyak pelajaran yang berharga. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “ Life isn’t about waiting for the storm to pass, it’s about learning to dance in the rain”. Menikmati proses adalah sebuah hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan atau hasil yang kita inginkan.

Saat kita sudah memutuskan untuk menjalani sebuah proses, ada kalanya hasil dari sebuah proses yang telah kita lalui tak selalu sesuai dengan yang kita ekspektasikan. Kebanyakan dari kita kurang menghargai proses hanya karena melihat hasil yang kurang maksimal. Misalnya, ketika sekeliling kita tidak mengapresisasi proses yang telah kita jalankan, kita akan cenderung menyalahkan diri kita sendiri dan kurang menghargai apa yang telah kita lakukan. Banyak dari kita yang lupa, bahwa sebenarnya kita perlu menghargai proses yang telah dijalani. Kurang mendapatkan apresiasi, cemoohan atau hinaan dari apa yang kita kerjakan hanya merupakan sebuah feedback. Dengan menghargai proses, kita sebenarnya juga menghargai kemampuan yang kita miliki.

Sesulit apapun sebuah proses yang sedang kita jalani, terus saja berjalan. Jangan selalu menengok ke belakang untuk menyesali kegagalan yang telah kita alami. Walaupun kita berjalan hanya satu langkah demi langkah secara perlahan, tetaplah berjalan terus kedepan. Yakinkan diri bahwa kita pasti mencapai tujuan yang kita impikan.

Jalani saja, Tuhan pasti bantu.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.