Kerendahan Hati






Rendah hati, salah satu kata yang mudah diucapkan namun sangat sulit untuk dijalankan. Bila melihat dari arti katanya, rendah hati merupakan suatu sifat seseorang yang dapat memposisikan sama dengan orang lain, tidak merasa lebih pintar, lebih kaya, lebih sukses atau lebih-lebih yang lainnya. Sehingga orang yang memiliki sifat yang rendah hati tidak memiliki rasa lebih tinggi daripada orang lain.

Seseorang yang tulus melakukan sesuatu untuk membahagiakan orang lain ialah salah satu ciri dari seseorang yang memiliki sifat rendah hati. Mereka akan dengan senantiasa memberikan yang terbaik terhadap orang lain tanpa mengharapkan balasan. Selain itu, seseorang yang memiliki sifat rendah hati juga dengan lebih terbuka menerima segala pendapat dari orang lain berupa saran ataupun kritikan. Bagi mereka, saran dan kritik dari orang lain merupakan sesuatu hal penting yang dapat membangun ke arah yang lebih baik. 

Orang yang rendah hati juga sebenarnya memiliki kelapangan hati untuk mengakui kesalahan serta berani bertanggung jawab atas apa yang diperbuat. Sikap – sikap yang tercermin dari seseorang yang rendah hati sebenarnya mencerminkan kesadaran diri atas ketidak sempurnaan dan keterbatasan kemampuan, sehingga jauh dari kesombongan dan keangkuhan.


Beberapa ciri di atas tampaknya tergambar dari seseorang yang merupakan keluarga besar JRU, yaitu Pak Rustamaji atau yang lebih akrab disapa dengan Pak Rus. Pastinya sifat rendah hati yang beliau miliki saat ini tak terlepas dari sebuah proses yang panjang serta pemaknaan yang dalam dari kehidupannya. Sempat berada pada posisi yang tinggi hati, membuat beliau menyadari satu hal bahwa kesombongan hanya akan menjadikan kehidupan seseorang jauh dari rasa damai dan bahagia sepenuhnya.

Dari situ dapat kita petik sebuah pelajaran bahwa kerendahan hati sangat penting dimiliki oleh setiap orang, karena dari kerendahan hati itulah tercermin tingginya kecedasan spiritual seseorang.


Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.