Belajar Nyaman dalam Ketidaknyamanan





Kebanyakan dari kita seringkali menghindari hal-hal yang memunculkan perasaan tidak nyaman. Kita tak bisa memungkiri bahwa pada dasarnya orang selalu mencari hal-hal yang memberikan efek yang menyenangkan dibandingkan sesuatu yang mendatangkan rasa sakit. Ketika sesuatu yang tidak nyaman terjadi, maka secara alamiah kita cenderung akan lari ke arah lain untuk menghindarinya. 

Hal tersebut sebenarnya dapat terlihat saat kita melakukan sesuatu diluar dari kebiasaan kita. Misalnya saja saat kita diminta untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan tekanan yang tinggi. Padahal sebelumnya kita berada pada posisi pekerjaan yang sangat amat nyaman. Saat mengalami tekanan, hanya ada dua pilihan yanitu menghadapinya atau lari untuk menghindari.  

Memang keadaan seringkali memaksa kita pada posisi yang tidak diharapkan. Kita juga tidak bisa mengharapkan itu tidak kita alami. Begitupun dengan lari dari kenyataan juga bukanlah menjadi solusi yang bijaksana. Alhasil salah satu hal yang bisa kita lakukan yaitu berusaha untuk menyamankan diri dalam ketidaknyamanan tersebut. Kesadaran menerima kondisi tidak nyaman dan menjalaninya dengan keteguhan hati sebenarnya dapat memperkuat mental. 

Yang terpenting ialah selalu memberikan yang tebaik yang diri kita bisa lakukan. Mengenai hasil akhirnya biarlah waktu yang menjawab.  Dengan kita merubah cara pandang, maka perlahan kita akan merasakan bahwa “ketidaknyamanan” itu sesuatu yang menyenangkan. Sebab kondisi tersebut membuat kualitas diri kita menjadi lebih baik.


Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.