Menentukan Arah Hidup






Kini semakin banyak saja orang yang melakoni perannya dengan sangat cemerlang, namun sayangnya tidak mengerti arah hidup yang dituju. Ibaratnya seperti berjalan namun tak tahu kemana tujuannya. Sehingga tak jarang kita mendengar seseorang yang menurut kita sudah dalam level kesuksesan tertentu namun masih saja mengeluh serta menjalaninya seakan tanpa nyawa di dalamnya.

Menentuhkan arah hidup memang tidak bisa kita dapatkan hanya dalam satu hari. Menentukan tujuan hidup memang tidak bisa asal-asalan saja hanya karena ikut ajakan teman. Dalam menentukan arah hidup memang kita perlu untuk masuk ke dalam diri dengan berdialog dengan diri kita sendiri. Kita tak bisa membandingkan diri kita dengan orang lain dalam menentukan arah hidup, ya karena setiap orang pasti memiliki arah hidup masing-masing dan tentunya berbeda. Dengan mentapkan arah hidup, maka rutinitas yang kita jalani selama ini akan terasa semakin hidup.

Itu sebabnya mengapa menetapkan kemana arah hidup merupakan sesuatu yang sangatlah penting. Dengan mengetahui tujuan hidup, kita akan mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan. Tujuan hidup juga akan menjadikan kita sadar bahwa untuk berjalan kita membutuhkan bekal yang harus dipersiapkan. Selain mengetahui bekal apa yang kita perlukan, kita juga perlu menentukan target. Sebab, tujuan tanpa target, kita hanya akan melahirkan penundaan-penundaan dalam kehidupan yang hanya memunculkan penyesalan di kemudian hari.

Menentukan tujuan hidup beserta target-targetnya membuat kita menjadi seseorang memiliki prinsip hidup yang jelas. Dengan memiliki prinsip, kita akan fokus dan tidak terbawa lingkungan yang seringkali melenakan. Dunia memang terus bergerak, namun saat kita mengerti apa yang menjadi tujuan hidup kita maka kita tak akan terbawa arus. Sebab kita yang mengontrol kemana perahu kita akan berlabuh, bukan berjalan hanya mengikuti arus.




Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.