Kemampuan Fokus Pada Solusi





Tak bisa dipungkiri bahwa kita hidup di dunia ini pasti tak bisa terlepas dari yang namanya masalah. Sebagaimana yang kita tahu, masalah merupakan sesuatu yang menyimpang dari apa yang kita harapan. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa masalah merupakan suatu ancaman. Memandang suatu permasalahan sebagai sebuah ancaman sebenarnya sangat menguras energo baik secara emosi dan juga fisik. Sehingga tak heran muncul ketegangan pikiran yang menyebabkan stres bahkan hingga depresi. Secara tak sadar, sebagian orang yang memandang masalah sebagai sebuah ancaman sudah dikendalikan oleh masalah itu sendiri. 

Namun disisi lain, ada pula sebagian orang yang menganggap bahwa setiap permasalahan merupakan konsekuensi yang timbul dari suatu pilihan. Dengan cara pandang yang berbeda tersebut, membuat mereka memiliki mental yang lebih siap dalam menghadapi setiap masalah. Mereka percaya bahwa setiap permasalahan yang datang pasti selalu ada solusi yang menyertainya. Dengan tidak menganggap besar masalah kecil dan cenderung menyederhanakan masalah yang besar, maka akan lebih mudah untuk fokus pada solusi.  Mereka tak akan terjebak pada pertanyaan mengapa dan masalah terjadi. Namun mampu membalikan bahwa masalah ada sebagai sebuah untuk mengembangkan diri. 

Tak dapat dipungikiri, bahwa karakter pribadi yang ada dalam diri kita memiliki pengaruh yang besar dalam menyikapi suatu permasalahan. Menerima masalah tidak berarti berdiam diri dan tidak melakukan tindakan apa-apa. Namun, saat kita memutuskan untuk menerima masalah berarti kita siap untuk mengendalikan emosi dalam menghadapinya. Dengan ketenangan, maka kita akan dapat melihat solusi dari setiap permasalahan. 

Menghadapi permasalahan dengan ketenangan memang butuh proses dan latihan.  Namun dengan kita mau merubah cara pandang tersebut, maka kita akan menjadi orang yang senantiasa terlatih untuk tidak menganggap masalah sebagai beban hidup namun sebagai media untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.





Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.