Menghadapi Era Disruptif



Disadari atau tidak, saat ini kita sudah memasuki era yang dinamakan dengan era disruptif. Era dimana banyak perubahan terjadi yang menyebabkan kegaduhan dan penuh dengan gangguan. Sebenarnya jika kita ingin memahami lebih dalam, era disruptif ini merupakan era dimana perubahan banyak terjadi. Perubahan dari konvensional menjadi serba digital misalnya.

Bagi kita yang tidak bisa mengikuti perubahan zaman yang semakin cepat, mungkin keadaan tersebut akan dipahami sebagai keadaan yang merugikan. Misalnya saja yang sangat dekat dengan lingkungan kita, yaitu mulai bermunculannya transportasi online. Kini hampir di setiap wilayah Indonesia sudah terdapat transportasi berbasis online. Selain harganya lebih murah, kemudahan untuk dijangkau merupakan salah satu kelebihannya dibandingkan dengan transportasi konvensional. Bagi masyarakat pengguna transportasi, hal tersebut sangat menguntungkan namun tidak bagi pemilik moda transportasi konvensional.

Menerima suatu perubahan memanglah tidak mudah. Butuh beberapa hal yang memang perlu dipahami. Sebenarnya, pada keadaan seperti ini fleksibilitas kita sebagai manusia sedang diuji. Ketika kita memiliki fleksibilitas yang tinggi, otomatis telah memberikan kekuatan untuk menciptakan sebuah pendekatan baru yang dapat meghasilkan sesuatu yang baru pula.

Oleh karena itu, untuk menghadapi era disruptif saat ini kita perlu menjadi pribadi yang solutif. Setiap ada perubahan selalu menimbulkan permasalahan, dan setiap permasalahan selalu ada solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga menjadi pribadi yang kreatif senantiasa dapat mencari celah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Solusi juga bisa didapatkan ketika kita mau berkolaborasi dengan orang lain. Kolaborasi penting karena dengan begitu kita dapat bersinergi bersama untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang lingkupnya mungkin lebih luas atau global.


Sehebat apapun kita, ketika tidak memiliki fleksibilitas tinggi dan ketika kita enggan untuk berkolaborasi maka perlahan kita akan tenggelam di era disruptif ini. 

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.