Sharing Digital Marketing dengan Dosen Pendamping Wirausaha Universitas Diponegoro





Sabtu (30/9) JRU mendapatkan undangan untuk sharing di salah satu pelatihan Dosen Undip yang bertempat di Hotel Wahid Salatiga. Acara tersebut merupakan pelatihan bagi para dosen pendamping program mahasiswa wirausaha Universitas Diponegoro. 

Pada kesempatan tersebut, JRU diwakiliki oleh Reza Aditia yang memberikan sharing tentang pemanfaatan dunia digital dalam bidang kewirausahaan. Sebagai web developer yang kesehariannya menjalankan bisnis digital agensi BrataMedia , menjelaskan bahwa jumlah pengguna internet kian tahun kian meningkat. Hal tersebut dapat diartikan bahwa para pengguna internet merupakan pasar yang sangat bisa disasar sebagai target penjualan saat ingin memulai bisnis. “Kini penjualan secara konvenisonal sudah mulai ditinggalkan, penggunaan sosial media seperti facebook dan instagram apabila dimaksimalkan sudah bisa memberikan percepatan dalam berjualan,” imbuhnya dalam sesi presentasi siang itu. 



Dalam acara tersebut juga menjadi ajang sharing para dosen dalam mendampingi para mahasiswa yang berwirausaha, salah satunya ialah muncul pertanyaan tentang bagaimana cara membagi waktu bagi mahasiswa yang berwirausaha. Padatnya jadwal kuliah pasti akan mengganggu usaha yang sedang dibangun, begitu pula sebaliknya saat usaha sedang meningkat maka akan menyita waktu perkuliahan. Untuk mengatasi dilema tersebut, Reza memeberikan saran salah satunya bagi para dosen untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana membuat sistem dalam usaha yang sedang dijalankan oleh mahasiswa. Bisa jadi sistem tersebut dengan menggunakan sistem shifting yang bisa dilakukan secara bergantian oleh dua atau tiga orang mahasiswa. Sehingga cara terseut bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur waktu agar waktu kuliah dan berwirausaha tidak berantakan. 

“Entrepreneur itu bicara tentang mentalitas. Bagaimana seorang entrepreneur kembali bangkit bila mengalami kegagalan adalah pelajaran berharga.” Kalimat ini memjadi penutup acara sharing hari itu.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.