Belajar Kehidupan dari Semut





Kita sebagai manusia seringkali merasa sombong karena kitalah satu-satunya makhluk yang diciptakan paling sempurna dibanding dengan makhluk lainnya. Padahal di sekeliling kita, bila kita memiliki sisi kepekaan banyak makhluk hidup yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran agar hidup kita semakin baik lagi.Salah satunya ialah semut.

Yang kita tahu, semut adalah makhluk kecil yang seringkali kita lupakan bahka remehkan keberadaanya. Kita pun seringkali jengkel saat kemunculannya mengusik makanan yang kita letakan di meja makan atau dapur rumah. Walaupun kecil, namun sebenarnya semut memiliki kekuatan yang sangat besar dengan keberadaan koloninya.

Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari semut ialah kegigihannya. Walaupun kita sudah melakukan beraneka macam cara untuk mencegah semut masuk kedalam rumah, semut tetap saja memiliki berbagai cara untuk mencapai tujuannya mencari makanan. Semut tak pernah bosan mencoba berbagai cara hingga ia sampai pada tujuan. Kegigihan, kesabaran, ketekunan, keuletan membuat semut selalu berjuang hingga tak kenal menyerah.

Selain itu, semut sebenarnya makhluk sosial. Mereka hidup berkelompok dan senantiasa selalu melindungi koloninya dari berbagai macam ancaman. Satu semut saja mungkin tidak sanggup untuk menyerang predator, namun saat semut memanggil koloninya pastinya sudah membuat predator ketakutan bahkan bisa menjadi sumber makanan bagi semut. Semut senantiasa akan saling bahu membahu dan bergotong royong agar apa yang dibutuhkan koloninya terpenuhi. Mereka saling bekerja sama untuk membuat startegi dalam menghadapi situasi sulit sekalipun.

Saat kita loyo dan patah semangat karena penolakan seharusnya kita malu. Malu karena kita kalah dengan semut yang selalu gigih menghadapi segala rintangan yang datang. Kegigihan semut juga tak bisa terlepas dari kepentingan banyak semut lainnya, sebab saat mencari sumber makanan semut akan membagikannya pada koloninya. Dari semut kita senantiasa juga bisa belajar untuk melakukan sesuatu atas dasar kepentingan orang banyak, dengan memikirkan kesejahteraan orang banyak maka kita akan senantiasa selalu bersemangat untuk melakukan hal yang lebih positif dan lebih besar lagi.

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.