Berani Menjadi Berbeda


Satu bulan terakhir Rumah Sasongko kedatangan teman-teman yang baru bergabung, baik sebagai karyawan salah satu unit usaha yang ada di ruang karya bersama (RKB), ada pula yang masih berstatus ‘belajar’ untuk menemukan pola atau passion dalam hidupnya. Ada satu yang menarik dari beberapa teman kita yang baru saja bergabung ini, selain skill yang memang sudah mumpuni, rata-rata mereka ini masih berada pada usia yang tergolong muda. Salah satunya adalah Aura. Gadis belia yang baru saja menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas (SMA) ini kini berusia 18 tahun. Sudah hampir satu bulan ini Aura beraktivitas dan belajar di Rumah Sasongko.



Berbeda dari anak-anak seusianya, setelah lulus SMA Aura memutuskan untuk tidak kuliah. Alasannya cukup menarik, menurut Aura kuliah hanya akan membuang-buang waktu saja. Jika dibuat dalam siklus mungkin yang terjadi adalah kuliah-gelar-kerja (jadi pegawai). Dan Aura tidak menginginkan terjebak dalam zona yang demikian. Di luar dugaan, pemikiran anak yang baru berusia 18 tahun, Aura berniat mencuri start dari teman-teman seusianya.

Jika saat ini teman-teman seusianya sedang asik-asiknya menyandang status baru sebagai mahasiswa (kuliah), Aura sudah mulai belajar tentang hal-hal yang dibutuhkan nanti dalam dunia Industri mengingat cita-citanya untuk menjadi seorang entrepreneur. Bagi kebanyakan orang tua apa yang dilakukan Aura ini terlalu ekstrim, apalagi bagi anak-anak yang terlahir dan dibesarkan dalam keluarga yang mayoritas seorang PNS, ataupun pegawai di perusahaan swasta. Beruntung Aura memiliki orang tua dan keluarga yang begitu support apa yang menjadi pilihan hidupnya ini.



Selama satu bulan berproses Aura merasakan banyak perubahan dalam hidupnya. Jika sebelumnya Aura tidak terbiasa bangun pagi, kini baginya bangun pagi bukan lagi suatu kewajiban melainkan sebuah kebiasaan. Selain itu Aura juga membiasakan diri untuk membaca buku. Menurutnya diantara kesemua buku yang sudah Aura baca, buku dari Robert Kyosaki adalah yang paling keren. Sama seperti teman-teman lain, Aura setiap hari memulai aktivitasnya di ruang karya bersama dari pagi hari pukul 08.30-17.00 wib. Sekarang ini Aura sedang fokus belajar menggambar doodle art yang ditargetkan dalam satu hari lebih dari 20 gambar yang dihasilkan.



Dari sekelumit cerita Aura, ada satu pelajaran berharga yang penting untuk kita resapi yaitu tentang pilihan. Kita semua sepakat jika hidup adalah pilihan, dan apa yang sudah menjadi keputusan atau pilihan hidup kita lakukan dengan niat dan kesungguhan hati. Percayalah jika hasil pasti tak akan mengkhianati proses. 


Selamat berproses...

Semarang, 19 Oktober 2018
Redaksi RumahUsaha.Net

Tidak ada komentar:

Silahkan isi komentar ...

Supported by LumbungMedia.com. Diberdayakan oleh Blogger.